Raja Ampat, Serpihan Surga di Dunia | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Raja Ampat, Serpihan Surga di Dunia

-

CELEBESonline.com, Sorong – Raja Ampat yang berada di Provinsi Papua Barat menyajikan pesona alam yang luar biasa. Peserta Media Gathering Telkomsel Area Pamasuka berkesempatan menikmati sebagian dari keindahan Raja Ampat.

Setelah sehari sebelumnya menjajal Teluk Kabui, hari kedua, Selasa (13/2/2018), dilanjutkan dengan mendatangi destinasi wisata lainnya.

Tujuan pertama adalah Puncak Piaynemo di Distrik Waigeo Barat, Raja Ampat, Papua Barat. Jarak tempuh dari Gurara Resort yang berada di Waisai sekitar 30-45 menit menggunakan Speedboat.

Puncak Piaynemo yang terdiri dari perbukitan Kars ini telah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Raja Ampat sebagai Situs Warisan Bentang Alam.

Selain Wajag, lokasi ikonik yang diburu wisatawan yang berpergian ke Raja Ampat adalah Pulau Piaynemo yang berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat. Banyak hal indah yang ditawarkan di Piaynemo yang dijuluki “Little Wayag”.

Gugusan karts di Piaynemo ini terhampar indah, tidak kalah cantiknya dengan gugusan karst di Pulau Wayag.

Untuk menikmati keindahan gugusan Karts di Piaynemo, pengunjung harus mengeluarkan tenaga ekstra, menapaki 300 lebih anak tangga untuk mencapai puncaknya.

Kelelahan itu pun terbayarkan setelah melihat hamparan pemandangan yang menakjubkan karya Tuhan. Dari atas puncak, air laut di bawah terlihat berwarna hijau tosca dan kebiruan.

BACA JUGA :  Satu Keluarga WNI Jamaah Umrah Kecelakaan di Madinah, Tiga Tewas

Tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan, apalagi akses ke atas sudah baik, menggunakan tangga yang terbuat dari kayu. Presiden Jokowi pun sudah mengunjungi tempat ini dan berfoto dengan pemandangan yang terdapat di uang pecahan Rp 100 ribu yang baru tersebut.

Pemandangan ini pun tidak dilewatkan begitu saja. Puas memanjakan mata, saatnya untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto. Ada yang selfie maupun foto bersama.

Sejumlah wisatawan asing dari Italia, Kroasia, maupun Inggris pun mengaku takjub dengan pemandangan ini.

“Very nice, Indonesia very nice,” ucap seorang turis dari Italia.

Hal yang sama pun diungkapkan peserta Media Gathering Telkomsel, Hikmah.

“Pemandangan yang menakjubkan, apalagi kita tiba cuaca sedang bagus, jadi pancaran air lautnya terlihat indah,” tuturnya.

“Raja Ampat sangat indah, nuansa alamnya masih asri, laut jernih, ikan-ikan berenang dengan gembira. Semoga ini tetap dipertahankan, juga kebersihan tetap dipertahankan. Saran saya, fasilitas umum harus diperbaiki,” tambah Ida, peserta dari Kalimantan Selatan.

Selain menikmati pemandangan dari puncak, pengunjuk juga bisa menyaksikan keindahan di bawah laut di Piaynemo berupa berbagai jenis karang, spesies ikan, dan moluska. Panorama alam, flora dan fauna di sekitar gugusan pulau karst (karang) juga menarik untuk dilihat.

BACA JUGA :  Ulang Tahun Ke-57, Presiden Jokowi Diberi Kejutan oleh Wartawan

Sayangnya, rombongan Media Gathering Telkomsel tidak mengagendakan menikmati bawah laut di Piaynemo. Tujuan untuk snorkeling ada di Desa Yenbuna dan Sawandarek. Rombongan pun langsung exited saat disambut dengan kerumunan ikan di bawah laut. Hal ini pun tidak disia-siakan dan langsung mengambil oerawalan untuk melihat lebih dekat dan berinteraksi dengan hewan laut tersebut.

Beberapa kesempatan juga awak media memberikan makanan para ikan dengan roti yang sudah disiapkan. Sungguh menyenangkan.

Perjalana terakhir adalah ke Pantai Friwen. Lokasi ini memiliki hamparan pasir putih yang halus bagikan tepung. Tidak hanya menikmati pantai pasir putih serta mandi air laut, tapi di tempat ini terdapat permainan yang memicu adrenalin yaitu “Ayunan Tarzan”.

Melihat anak-anak Friwen dengan lincah berayun dari pohon dan terjun ke laut, beberapa peserta Media Gathering Telkomsel pun mencobanya.

Itulah sebagian keindahan dari Raja Ampat. Untuk menikmatinya, tidak cukup hanya sehari atau dua hari. Namun, bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan ini, serasa berada di belahan surga di dunia.

Inilah Raja Ampat, “Pieces of Paradise, The Last Heaven on Earth”.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE