Begini Cara Google Merayakan Hari Perempuan Internasional | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Begini Cara Google Merayakan Hari Perempuan Internasional

-

CELEBESonline.com, Makassar – Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret. Google merayakannya Hari Perempuan Internasional dengan memasang Doodle pada halama utamanya.

Tidak hanya itu, Google menghadirkan konsep yang unik di mana menampilkan 12 perempuan hebat dalam bentuk narasi visual yang interaktif dan apik.

“Kami sering merayakan wanita luar biasa sepanjang sejarah seperti penemu, ilmuwan, penulis, seniman, aktivis, dermawan terkemuka, dan sebagainya. Hari ini, kami ingin mengambil kesempatan untuk merayakan cerita dan suara kelompok perempuan lain yang luar biasa  dari berbagai belahan dunia,” tulis Google pada laman Google Doodle.

Saat mengklik tombol play pada bagian tengah Doodle, muncul selusin cerita yang menarik perhatian. Google mengatakan setiap cerita mewakili momen, orang, atau peristiwa yang telah mempengaruhi kehidupan mereka sebagai wanita.

BACA JUGA :  Ivan Duque Menangkan Pilpres Kolombia, Ini Janji Politiknya

“Masing-masing seniman menceritakan cerita unik, temanya universal, mengingatkan bahwa kita memiliki kesamaan,” tambah Google. “Kami berharap kekuatan kata-kata dan gambar dapat membawa cerita inspiratif dan menggugah perasaan akan pengertian, empati, dan semangat hari ini.”

Perayaan Hari Perempuan Internasional kali ini menyatukan pemerintah global, organisasi wanita, bisnis, dan badan amal. Dimeriahkan juga dengan bincang-bincang, pertunjukan, demonstrasi, networking, dan pawai.

K2- 12 sosok dalam Google Doodle hari adalah Anna Haifisch (Nov 1989), Chihiro Takeuchi (Ages and Stages), Estelí Meza (My Aunt Blossoms), Francesca Sanna (The Box), Isuri (Aarthi the Amazing), Karabo Poppy Moletsane (Ntsoaki’s Victory), Kaveri Gopalakrishnan (Up on the Roof), Laerte (Love), Philippa Rice (Trust), Saffa Khan (Homeland), Tillie Walden (Minutes), Tunalaya Dunn (Inwards).

BACA JUGA :  Pesawat yang Ditumpangi Timnas Arab Saudi Terbakar, Tidak Ada Korban Jiwa

Dilansir dari Kompas.com, Hari Perempuan Internasional muncul setelah seorang buruh perempuan dari pabrik tekstil melakukan demonstrasi di New York, Amerika Serikat, 8 Maret 1857 silam.

Ia menyuarakan keluhan dan harapan, di antaranya terkait upah buruh perempuan yang dinilai masih di bawah rata-rata. Keberaniannya dalam berpendapat menginspirasi perempuan-perempuan lain. Pada 1917, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai hari libur nasional di Soviet.

Lalu pada 1977, perayaan Hari Perempuan Internasional diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperjuangkan hak kaum hawa dan mewujudkan perdamaian dunia.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE