Bagi Hasil, PT Bumi Agro Sepakat Garap Lahan Warga Lutim | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Bagi Hasil, PT Bumi Agro Sepakat Garap Lahan Warga Lutim

-

CELEBESonline.com, Luwu Timur – Menindaklanjuti penandatanganan MoU dengan Bupati Luwu Timur dan Badan Usaha Milik Desa Tole dan Kalosi terkait investasi beras Luwu Timur, pihak PT Bumi Agro Pertiwi Mandiri melakukan pertemuan dengan pemilik lahan sawah di Desa Tole dan Kalosi. Pihak Perusahaan dalam hal ini didampingi langsung Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Selasa (13/3/2018)

Hadir juga Kepala Dinas Pertanian, Muharif, Camat Towuti Alimuddin Nasir dan Kepala Desa Tole dan Kalosi serta Tokoh Masyarakat setempat. Dalam pertemuan tersebut, banyak hal yang dibahas, diantaranya memperkenalkan Manajer Perusahaan yang akan menanamkan usahannya di Desa Kalosi dan Tole, selanjutnya sistem bagi hasil dengan pemilik lahan.

BACA JUGA :  Pasca Idul Fitri, Ayam Potong di Takalar Mulai Langka

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam menjelaskan terkait sistem bagi hasil ditetapkan 75 persen untuk perusahaan, 22 persen untuk pemilik lahan sawah dan 3 persen untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Ini 22 persen untuk pemilik lahan, itu pembagiannya dalam bentuk gabah basah,” ujar Irwan.

Dalam pertemuan ini masyarakat utamanya Pemilik lahan menyambut gembira, karena mereka mengaku dengan sistem bagi hasil tersebut akan menguntungkan mereka.

“Mereka pemilik lahan ini tidak kerja, cukup sediakan lahan saja, pihak perusahaanlah yang mengelola. Mereka cukup menunggu hasilnya saja setiap kali panen,” pungkas Irwan.

Selanjutnya, Bumdes tetap bekerja, peran mereka nantinya adalah memberikan pemahaman kepada warga yang belum paham, dan mengatur secara teknis di lapangan, termasuk mendata secara akurat lahan yang akan digarap perusahaan, tentunya lahan yang punya sertifikat.

BACA JUGA :  Idul Fitri 1439 H, IKA Smansa Soppeng Gelar Zikir dan Halal Bi Halal

Jika bulan ini rampung administrasi Sertifikat lahan warga, April 2018 Perusahaan sudah melakukan aktivitasnya di lapangan .

“Sekarang sosialisasi sudah kita lakukan, tatap muka juga sudah berkali-kali kita laksanakan, hanya satu yang saya minta jika masih ada kendala di lapangan, warga menyampaikannya ke Pak Desa atau Camat, selanjutnya akan dicarikan solusi, jangan demo apalagi sampai mau menghalangi pihak perusahaan, karena sekarang sudah jadi tanggung jawab kami di pemerintahan menjaga iklim investasi yang sejuk di Lutim,” kunci Irwan.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE