Kenalkan Guillermo Haro yang Jadi Google Doodle Hari Ini | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Kenalkan Guillermo Haro yang Jadi Google Doodle Hari Ini

-

CELEBESonline.com, Makassar  – Jika Anda melihat bintang malam ini, carilah tiga bintang, yang berdekatan. Ini dikenal sebagai “Three Sisters” dan mereka adalah bagian dari rasi Orion, yang mewakili sabuk Orion.

Rasi bintang itu ditemukan astronom Meksiko, Guillermo Haro, yang menjadi Google Doodle hari ini, Rabu (21/3/2018). Google merayakan ulang tahunnya yang ke-105 hari ini berkat salah satu temuannya yaitu bintang suar, bintang berwarna terang merah kebiruan, di wilayah rasi bintang Orion.

Doodle ini memperlihatkan ilustrasi wajah seorang pria berkacamata di antara rasi bintang di langit malam. Wajah pria berkaca mata itu tepat berada di huruf “O” dari ilustrasi rasi bintang yang bertuliskan “Google”.

Guillermo Haro merupakan astronom asal Meksiko yang menemukan jenis planet nebula bernama Herbig-Haro.

Dikutip dari laman Google doodle, dijelaskan bagi Anda yang berada di beberapa wilayah seperti Indonesia, bisa melihat bintang malam ini, carilah tiga bintang, yang berdekatan.

Lahir pada tahun 1913, Haro tumbuh selama revolusi Meksiko dan lulus sekolah filsafat sebelum memulai karir di bidang astronomi.

Ia mengenyam pendidikan filsafat di National Autonomous University of Mexico. Alih-alih filsafat, Gillermo Haro justru tertarik pada dunia astronomi. Atas ketertarikannya, Gillermo Haro diangkat sebagai asisten di observatorium bernama Observatorio Astrofísico de Tonantzintla pada tahun 1943. Gillermo Haro pun pernah bekerja di Harvard College Observatory, Amerika Serikat (AS) tahun 1943 hingga 1944.

Di antara kontribusi terbesarnya terhadap sains adalah ditemukannya jenis nebula planet yang diberi nama objek Herbig-Haro. Dia juga menemukan bintang suar – bintang terang merah dan biru – di wilayah rasi bintang Orion. Kontribusi ini menyebabkan Haro menjadi orang Meksiko pertama yang terpilih menjadi Royal Astronomical Society pada tahun 1959.

Warisan Haro  yang bertahan sampai hari ini melalui Institut Nasional Astrofisika, Optik, dan Elektronika, yang didirikannya untuk mendukung mahasiswa sains dalam karir profesional mereka. Lembaga ini juga menjalankan sebuah observatorium bernama setelah dia di negara Meksiko Sonora.

Guillermo menikahi jurnalis dan penulis Elena Poniatowska. Dari pernikan ini, mereka dikaruniai tiga anak. Sayang, mereka bercerai bercerai pada 1981. Sebelumnya ia juga menikah dengan Gladys Learn Rojas dan bercerai.

Ia meninggal dunia 26 April 1988 dan hari ini atas pencapaiannya di bidang astronomi, Google menjadikannya doodle atas temuannya yang bisa disaksikan malam ini.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE