Puisi Indah Maya Angelou Hiasi Goodle Doodle Hari Ini | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Puisi Indah Maya Angelou Hiasi Goodle Doodle Hari Ini

-

CELEBESonline.com, Makassar – Halaman utama Google hari ini, Rabu (4/4/2018), menampilkan sosok wanita dengna latar bunga dan tulisan “Google”. Siapakah sosok wanita tersebut?

Dia adalah Dr Maya Angelou. Ia adalah seorang perempuan kulit hitam asal Amerika Serikat. Dia seorang penulis cerita, penyair, penulis memoar, hingga aktivis hak-hak sipil Amerika Serikat (AS). Google merayakan hari kelahirannya yang ke-90 yang jatuh tepat hari ini.

Jika gambar tersebut diklik, maka terdengar puisi berjudul “Still I Rise” yang dibacakan oleh beberapa orang terkenal yaitu Alicia Keys, America Ferrera, Martina McBride, Guy Johnson, Laverne Cox, dan Oprah Winfrey. Tak hanya itu, tentu saja rekaman asli suara Maya Angelou sendiri.

Puisi “Still I Rise” ada dalam kumpulan puisi karya Maya Angelou berjudul “And Still I Rise” yang merupakan karya ketiganya dan diterbitkan Random House pada 1978. Tahun itu memang merupakan masa produktif dalam karier kepenulisan Angelou.

Kata-katanya yang indah selalu dikenang banyak orang. Dalam kehidupan yang kaya dengan pengalaman Dr. Maya Angelou telah menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia melalui ajarannya, tulisannya, suaranya, dan tindakannya.

“Saya telah belajar bahwa orang akan melupakan apa yang anda katakan, orang akan melupakan apa yang anda lakukan,  tetapi orang tidak akan pernah melupakan bagaimana anda membuat mereka merasa.” Ini adalah salah satu quote dari Dr Maya Angelou.

Semasa hidupnya, Maya sudah menerbitkan tiga buku esai, tujuh otobiografi, beberapa buku puisi dan beberapa kali muncul di seri drama dan TV. Ia juga menerima lebih dari 50 gelar kehormatan dan dikenal karena serial otobiografinya. Serial ini mengisahkan pengalaman Maya di masa kanak-kanak hingga dewasa.

Berkat buku pertamanya yang berjudul I Know Why the Caged Bird Sings, wanita yang lahir pada 1969 ini pun menuai kesuksesan yang luar biasa.

Ia terlahir dengan nama Marguerite Annie Johnson di St Louis Missouri, Amerika Serikat, 4 April 1928. Maya wafat pada umur 84 tahun di Winston Salem, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Di balik kesuksesannya menjelang usia dewasa, masa kecil Angelou justru sangat menyakitkan. Ia menjadi korban serangan seksual pada usia tujuh tahun yang membuatnya bisu selama lima tahun.

Sebelum sukses menjadi penyair dan penulis, Maya sudah menekuni serangkaian pekerjaan mulai dari pekerja seks, penari klub malam, juru masak hingga wartawan. Diketahui, ia sangat aktif dalam berbagai gerakan hak-hak sipil dan bekerja dengan Martin Luther King Jr bersama dengan Malcom X.

Pada 1993, Maya sempat membacakan puisi karangannya yang berjudul On the Pulse of Morning saat pelantikan Presiden Bill Clinton.

Pada 1994, ia dianugerahi sebuah Spingram MEdal dan National Medal of arts pada 2000. Bahkan, Presiden Barack Obama sendiri menganugerahinya dengan Presidential Medal of Freedom pada 2011.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE