Ini Kata Pengamat Tentang Tantangan Ekonomi Indonesia Tahun 2018 | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Kata Pengamat Tentang Tantangan Ekonomi Indonesia Tahun 2018

Pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Lana Soelistianingsih, - Zizi

CELEBESonline.com, Bandung – Tantangan ekonomi 2018 ini tidak hanya dipengaruhi aspek global, namun juga aspek domestik. Di mana pada aspek global kebijakan pemerintah Amerika Serikat cukup menekan ekonomi Indonesia.

Pada ancaman perdagangan dan isu kenaikan suku bunga, aspek domestik dalam negeri juga tak kurang masalahnya. Pada masalah daya beli masyarakat menengah ke bawah, struktur ketenagakerjaan, nilai tukar petani, dan masalah struktur tersebut yang harus diperbaiki pemerintah.

Hal itu disampaikan pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Lana Soelistianingsih, dalam Media Gathering Bank Indonesia (BI) di Room Hotel Papandayan, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/4/2018) malam.

Dalam kesempatannya membawakan materi seputar ekonomi Indonesia, peran infrastruktur, dan ekonomi daerah, Lana banyak memaparkan gambaran kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

“Dari persoalan tersebut, khususnya aspek domestik, pemerintah daerah (Pemda) harus tetap menjalankan kegiatan pembangunan di daerahnya dalam menyerap anggaran yang telah disiapkan pemerintah,” katanya.

Dosen Fakultas Ekonomi UI ini menambahkan, pemerintah dalam APBN 2018 menargetkan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,4 persen. Namun itu sulit terwujud jika melihat pada kuartal satu di bawah 5,1 persen dan diproyeksi hingga akhir tahun 2018 ini berada ada pada 5,08 hingga  5,15 persen.

“Di mana konsumsi rumah tangga dari retail dan investasi diharapkan dapat menyumbang pertumbuhan ekonomi,” katanya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE