Kunjungi Pabrik Terigu, Mahasiswa Polibos Belajar Penggunaan Motor Listrik | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Kunjungi Pabrik Terigu, Mahasiswa Polibos Belajar Penggunaan Motor Listrik

-

CELEBESonline.com, Makassar – Tidak banyak yang mengetahui bahwa Makassar memiliki pabrik penggilingan terigu terbesar keempat di dunia. Pabrik ini dimiliki oleh PT Eastern Pearl Flour Mills, produsen terigu yang memproduksi merek-merek ternama seperti Kompas, Gerbang, Gatot Kaca, dan Teko Merah.

Ingin belajar dari yang terbaik, mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa mengunjungi pabrik terigu dengan kapasitas penggilingan 2.800 metrik ton per hari ini bersama dosen-dosennya, Senin (30/4/2018).

“Banyak hal yang dapat kita pelajari di pabrik ini. Tapi, kunjungan kali ini kami fokus pada penggunaaan motor listrik pada pabriknya,” ujar Abdul Rofiq, salah satu mahasiswa yang mengikuti kunjungan ini.

Setiap tahun, Prodi Listrik melakukan kunjungan ke berbagai industri yang relevan dengan bidang listrik untuk memastikan bahwa mahasiswa menerima ilmu yang seimbang antara teori dan praktik di lapangan. Kesenjangan antara teori dan praktik yang sering terjadi dapat membuat mahasiswa menjadi tidak ppercaya diri saat terjun ke lapangan.

Ketua Prodi Listrik, Akhyar Muchtar MT, menyatakan bahwa Prodi Listrik menganut nilai Industrial Based Education. Salah satu ciri utama pendidikan berbasis industri adalah relevansinya kurikulum pendidikannya dengan industri. Melalui kunjungan industri ini, mahasiswa sedang diperkenalkan implementasi dari teori yang dipelajari sehari-hari.

Puluhan mahasiswa dan dosen yang hadir diajak berkeliling oleh Muhammad Hatta, bagian Produksi dari PT Eastern Pearl Flour Mills. Setelah sosialisasi mengenai standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) perusahaan, peserta kunjungan dibawa ke bagian Penampungan atau unloaading yang berisi gandum siap olah. Bagian penampungan ini merupakan gedung dengan ketinggian setara 13 lantai.

Selanjutnya, peserta kunjungan menyaksikan proses pengakayan atau milling. Proses milling ini menghasilkan tepung terigu, tepung industri, pollard, dan bran. Kunjungan dilanjutkan di Control Room.

Di ruangan ini, peserta diajak untuk melihat bagaimana keseluruhan pabrik dikontrol. Ukuran pabrik yang cukup besar mengharuskan perusahaan ini memiliki kontrol yang baik untuk memastikan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Usai kunjungan ke Control Room, peserta melanjutkan ke bagian Packing. Di sini, terigu yang telah diolah dikemas berdasarkan merek-merek yang dimiliki oleh perusahaan yang memiliki pelabuhan sendiri ini.

Di akhir kunjungan, Prodi Listrik Politeknik Bosowa memberikan cindera mata berupa plakat kepada PT Easter Pearl Flour Mills.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE