Hardiknas, Dinas Pendidikan Sulsel Pecahkan Dua Rekor MURI | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Hardiknas, Dinas Pendidikan Sulsel Pecahkan Dua Rekor MURI

-

CELEBESonline.com, Makassar – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 menjadi momen bersejarah bagi Sulsel. Dua karya monumental pelajar Sulsel berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

 

Hardiknas tahun ini terasa sangat spesial bagi Pemprov Sulsel, dimana Dinas Pendidikan berhasil memecahkan dua rekor muri sekaligus, masing-masing baju bodo terbesar dan pisang ijo terbesar.

 

Baju bodo yang merupakan pakaian tradisional Sulsel ini, berdiri menjulang di tengah taman Lakipadada Rujab Gubernur Sulsel. Pembuatan baju bodo terbesar itu membutuhkan 64 meter kain sutera dan 36 meter kain sarung.

 

Baju bodo terbesar ini dikerjakan selama empat hari oleh 15 siswa Jurusan Busana dibantu tujuh orang guru. Proses penjahitannya dikerjakan oleh siswa SMK 8 Makassar, sementara rangka baju dibuat oleh siswa serta guru SMK 2 dan SMK 3 Makassar.

 

 

Sementara pisang ijo terbesar dibuat dengan panjang 8 meter dan lebar 1 meter. Pisang ijo ini menghabiskan 2.213 sisir pisang dan 672 kilogram tepung terigu, serta 672 Kg tepung beras.

 

“Untuk saus pisang ijo menghabiskan 15 Kg tepung beras, 40 Kg gula pasir, vanila dan daun pandan sebagai pengharum, serta menggunakan 21 liter sirup,” terang Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman yasin Limpo, Rabu (2/5/2018).

 

Selain baju bodo dan pisang ijo terbesar, lagu mars Sulsel juga diperdengarkan untuk pertama kalinya di acara resmi, yakni di peringatan Hardiknas. Lagu mars Sulsel baru tercipta pertama kalinya pada April 2018, sejak Provinsi Sulsel terbentuk pada 13 Desember 1960 lalu.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE