FTI UMI Dipilih Jadi Tuan Rumah International Coaching Week | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

FTI UMI Dipilih Jadi Tuan Rumah International Coaching Week

-

CELEBESonline.com, Makassar – Perkumpulan para pembina skala internasional, International Coach Federation (ICF) Jakarta Charter Chapter, akan menyelenggarakan International Coaching Week di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (8/5/2018).

Tempat yang dipilih adalah Auditorium KH Muhammad Ramly, kampus Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI), di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

International Coaching Week merupakan rangkaian kegiatan di 7 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Malang, dan Makassar. Di Makassar, International Coach Federation menggandeng FTI UMI.

Coaching berdasarkan definisi dari ICF adalah proses Komunikasi yang di dalamnya ada kesetaraan, dimana coach membantu coachee untuk mengeluarkan potensi terbaik dari dalam dirinya. Coaching bisa membuat seseorang lebih berdaya, memiliki awareness dan bisa memiliki sense of belonging yang lebih tinggi terhadap goalsnya.

Terkait kerjasama dengan dunia pendidikan, dalam hal ini FTI UMI, psikolog Fauziah Sulfitri mengatakan, ICF menyambut baik karena metode ini penting untuk diajarkan kepada para dosen. Pasalnya, saat ini, dosen menghadapi generasi yang berbeda, yang tidak bisa di-direct, tidak bisa diperintah atau diberikan instruksi saja, dan tidak bisa selalu disuapi.

Coaching akan membantu mahasiswa lebih mandiri dan berdaya untuk bisa mencapai goals akademiknya. Dekan FTI UMI, Zakir Sabara HW MT IPM ASEAN Eng, menambahkan, generasi millennial adalah generasi yang unik.

“Memahami mereka adalah hal yang tidak mudah. Metode caching akan membantu dosen menyelam lebih dalam pada dinamika berpiki millennials dan bisa memberdayakan mereka tanpa harus lelah selalu memberikan instruksi,” katanya.

“Harapan ICF dari kegiatan ini adalah bisa mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat, dunia korporasi, dunia akademis dan seluruh lapisan sosial mengenai Coaching,” ujar Fauziah.

Coach yang akan hadir adalah Kurnia Siregar yang merupakan PCC mantan President ICF Chapter Jakarta, PCC dan mantan President ICF JAkarta, Ina Rizqie Amalia; President ICF Jakarta saat ini, Dessy Arnas; ACC Professional Coach, Fauziah Zulfitri; dan beberapa coach yang lain.

“Fauziah adalah ACC Professional Coach dan wanita pertama di Indonesia Timur yamg mendapatkan predikat credential ACC dari ICF dan beberapa coach yang lain,” ujar Zakir.

Sebelum dilaksanakan sesi coaching demo dan individual coaching dimana pesertanya adalah dosen FTI UMI, akan dilaksanakan sharing session bertajuk ‘What is Coaching and Coaching in Educatio’n oleh Fauziah.

Kegiatan sharing session akan berlangsung selama 1 jam dan dapat dihadiri secara gratis oleh peserta baik dari mahasiswa, dosen maupun peserta umum.

ICF Jakarta Charter Chapter, yaitu perkumpulan yang beranggotakan para coaches berskala internasional. Salah satu acara tahunannya adalah ‘International Coaching Week”.

Selama acara ini, seluruh chapter ICF di seluruh dunia mengundang para individu dan organisasi untuk “merasakan coaching”.

Dimulai pada tahun 1999 oleh seorang anggota ICF bernama Jerri N Udelson, MCC, ICW dimaksudkan untuk mendidik masyarakat tentang nilai yang didapat ketika bekerjasama dengan seorang coach profesional, serta menjelaskan berbagai hasil dan kemajuan yang diperoleh selama proses coaching tersebut.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE