Ini Satu-Satunya Skuter yang Pernah Diciptakan Harley Davidson | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Satu-Satunya Skuter yang Pernah Diciptakan Harley Davidson

Ini adalah Topper tahun produksi 1963 dan siap dilelang sebagai bagian dari penjualan sepeda motor Mecum di Las Vegas, Amerika Serikat bulan depan - (int)

CELEBESonline.com – Harley Davidson, sebuah perusahaan pembuat sepeda motor yang bermarkas di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, selama ini identik dengan motor gede (moge). Namun tahukah Anda, pabrikan motor yang didirikan tahun 1903 oleh William S. Harley dan Arthur Davidson tersebut ternyata juga pernah menciptakan skuter.

Dilansir dari Carscoops, skuter itu disebut Topper, dan satu-satunya skuter yang pernah dibuat Harley Davidson di era 1960-an. Tak seperti motor lainnya, Tooper dibekali mesin silinder tunggal 165 cc yang desainnya mirip dengan Vespa.

Penempatan mesinnya bukan diletakkan di bawah jok, melainkan terpasang di bawah lantai pijakan kaki, karena ukuran mesinnya yang kecil. Kapasitas mesinnya yang kecil membuatnya tidak memiliki kipas pendingin. Sistem pengereman dan motor starter mengadopsi mesin pemotong rumput. Sementara bodywork terbuat dari plat baja dan fiberglass.

Output tenaganya mencapai 9 tenaga kuda (6.7 kW), dengan kecepatan maksimal 74 km per jam. Tapi tidak seperti kebanyakan Harley, Topper tidak dibuat untuk melaju di jalan raya. Tim bisbol Milwaukee Brewers, misalnya, menggunakan Topeer sebagai mobil bullpen.

Dikutip dari Wikipedia, Harley Davidson adalah salah satu dari tiga perusahaan pembuat sepeda motor Amerika yang masih tersisa, selain Victory  dan Cleveland & Cycleweeks. Perusahaan Harley Davidson sempat menjadi penghasil sepeda motor terbesar di dunia selama periode akhir perang dunia I hingga tahun 1928.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE