Teror Bom Bunuh Diri Pertama di Indonesia Bermula di Tempat Ini | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Teror Bom Bunuh Diri Pertama di Indonesia Bermula di Tempat Ini

ilustrasi - Bom Bali I tercatat sebagai aksi teror bom bunuh pertama di Indonesia - (kompas nasional)

CELEBESonline,com – Rentetan teror bom bunuh diri yang menguncang Surabaya sejak Minggu 13 Mei hingga hari ini, Senin 14 Mei 2018, membuat semua orang terkejut. Kembali masyarakat diperhadapkan pada aksi teror yang seakan tiada hentinya di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun CELEBESonline.com dari sejumlah sumber, Bom Bali I merupakan serangan teror bom yang tercatat sebagai aksi bom bunuh diri pertama di Indonesia. Pada tanggal 12 Oktober 2002,bom bunuh diri meledak hampir bersamaan di dua tempat hiburan berbeda di Pulau Dewata, Bali.

BACA JUGA :  Bawa PSM Menang, Guy Junior Berterima Kasih kepada Tiga Pemain Ini

Dua pelaku bunuh diri tersebut tercatat bernama Jimi dan Iqbal. Jimi meledakkan diri di atas mobil bermuatan bom yang dikendarainya di Sari Club sedangkan Iqbal meledakkan bom bersama dirinya di Paddy’s Pub Jalan Legian, Kuta, Bali, sekitar pukul 23.05 Wita. Akibat serangan bom bunuh diri di dia tempat tersebut, sedikitnya 202 orang meninggal dunia dan ratusan yang lain terluka. Sebagian besar korban merupakan wisatawan asing.

BACA JUGA :  Ketua Peradi: Kampanyekan Kolom Kosong Terancam Hukum Pidana

Kurang lebih 10 menit kemudian, ledakan kembali mengguncang Bali. Pada pukul 23.15 Wita, bom meledak di Renon, berdekatan dengan kantor Konsulat Amerika Serikat. Namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

1 Oktober 2005, teror bom kembali mengguncang Bali. Pada serangan bom bunuh diri di Jimbaran dan Kuta tersebut, sebanyak 23 orang tewas, 196 lainnya mengalami luka-luka. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan Bom Bali II.

 

 

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE