Beri Kuliah Umum di Unibos, Prof JJ Dorong Kembangkan Perikanan Ramah Lingkungan | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Beri Kuliah Umum di Unibos, Prof JJ Dorong Kembangkan Perikanan Ramah Lingkungan

-

CELEBESonline.com, Makassar – Ketua Ikatan Sarjana Perikanan (ISPIKANI) Wilayah Sulawesi Selatan, Prof Jamaluddin Jompa, beri kuliah umum kepada mahasiswa Program Pascasarjana di Universitas Bosowa (Unibos), Senin (14/5/2018).

Kuliah umum dengan tema “Penguatan SDM Dalam Mendorong Sektor Perikanan Menuju Indonesia Jaya 2045” dibawakan Dosen Universitas Hasanuddin itu di Auditorium Aksa Mahmud lantai 9 Unibos.

Memberikan bayangan terkait perkembangan dunia kelautan dan perikanan Indonesia, dosen yang akrab disapa sapaan Prof JJ ini mendorong perguruan tinggi untuk menekuni perannya dalam pembangunan perikannan yang ramah lingkungan. Hal tersebut diungkapkannya pada saat membawakan materi yang dihadiri 100 mahasiswa Prodi Budidaya Perairan Pascasarjana Unibos.

“Beberapa hal yang harus ditekuni sebagai civitas akademika universitas dan masyarakat adalah bagaimana membantu pemerintah untuk menjadikan penguatan aquaculture sebagai prioritas. Perkembangan perikanan kita pun tidak akan maju jika tidak didukung dengan infrastruktur yang belum memadai,” kata Dosen Unhas tersebut.

“Selain itu untuk menunjang berjalannya program dengan baik, perlu diberikan insentif untuk hatchery dan pengembangan dapat dilakukan dengan balance ecosystem management,” tambahnya.

Sebelumnya, menyoroti dunia perikanan yang perkembangannya masih dibawah harapan ini juga diungkapkan Asisten Direktur Program Pascasarjana Unibos yang turut memberi sambutan dalam kuliah umum tersebut.

“Memang perlu kita memfokuskan diri pada pembangunan budidaya perikanan yang berkelanjutan. Sebab kita memiliki sektor laut dan perikanan sekitar 70 persen dibanding negara lain. Dari sini kita mestinya meraih keuntungan yang besar untuk kesejahteraan masyarakat. tetapi karena pemanfaatan yang belum maksimal sehingga kenyataannya tidak berbanding lurus dengan yang ingin dicapai,” ungkap Dr. Syamsul Bahri.

“Inilah kuliah umum dilakukan untuk memberikan kesadaran bahwa inilah tanggung jawab kita bersama sebagai warga kampus untuk melakukan pengkajian bersama. Dimana perguruan tinggi menjadi lokomotif untuk menciptakan perubahan dalam segala aspek,” tambahnya.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE