Ini Hasil Pantauan Hilal di Mal GTC Makassar | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Hasil Pantauan Hilal di Mal GTC Makassar

-

CELEBESonline.com, Makassar – Hasil pemantauan hilal yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kemenag Sulsel bersama BMKG Wilayah IV Makassar berserta sejumlah ormas dan mahasiswa, di rooftop Mall GTC Makassar, Selasa (15/5/2018) petang, berakhir negatif atau tak terlihat, sehingga dengan demikian akan diistikmalkan dengan menghitung Bulan Sya’ban menjadi 30 hari.

 

Pelaksana tugas Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Iskandar Fellang menjelaskan dalam pemantauan hilal yang dimulai pada pukul 16:00 hingga matahari terbenam pukul 17:55 Wita, hilal tak terlihat, sehingga Bulan Ramadan 1439 Hijriah dicukupkan dengan menghitung Bulan Sya’ban menjadi 30 hari.

BACA JUGA :  Mantan Ketua MK: Langkah KPU Pedomani Putusan MA Sudah Tepat

 

Alasan hilal tak terlihat pada 29 Sya’ban hari ini, dikarenakan ketinggian bulan berada di posisi -0 derajat, dimana bulan terlebih dahulu terbenam.

 

“Dengan demikian bisa dipastikan awal Bulan Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018,” tegas Plt Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Iskandar Fellang kepada CELEBESonline.com, Selasa (15/5/2018).

BACA JUGA :  Ketua DPRD Makassar Ajak Masyarakat Tolak Kolom Kosong

 

Hasil dari pemantauan hilal ini sendiri pun akan dilaporkan ke sidang isbat di Jakarta, yang akan dilaksanakan oleh  Hisab Rukiyat Kementrian Agama Republik Indonesia.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE