Pemimpin JAD, Aman Abdurrahman, Dituntut Hukuman Mati | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Pemimpin JAD, Aman Abdurrahman, Dituntut Hukuman Mati

Aman Abdurrahman - (Foto: Garin Gustavian/kumparan)

CELEBESonline.com, Jakarta – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa kasus terorisme bom Thamrin, Oman Rochman alias Aman Abdurrahman, dengan hukuman mati. Hal ini disampaikan JPU dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

JPU menilai, pimpinan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ini terbukti merencanakan serangkaian aksi terorisme di Indonesia dalam rentang sembilan tahun terakhir. Selain itu Aman juga dinilai telah menyebarkan paham radikalisme.

“Menuntut supaya majelis hakim menjatuhkan tuntutan pidana dengan hukuman pidana mati,” Jaksa Anita seperti dilansir dari CNN Indonesia.

BACA JUGA :  Sidang Tuntutan Aman Abdurrahman Dijaga Ketat Polisi

Jaksa juga meminta majelis hakim memutuskan memberi kompensasi bagi para korban akibat serangan teror sebagai Aman. Aman dianggap melanggar Pasal 14 juncto Pasal 6, subsider Pasal 15 juncto Pasal 7 UU Nomor 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, dan Pasal 14 juncto Pasal 7 subsider Pasal 15 juncto pasal 7 UU Nomor 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Sementara Kumparan memberitakan bahwa JPU menyebut Aman telah menyampaikan ceramah bahwa pemerintahan Indonesia merupakan negara thagut yang berdasarkan demokrasi. Menurut Aman, demokrasi dinilai sebagai ajaran kafir.  Aman mendengarkan tuntutan jaksa dengan tenang. Sesekali dia bertopang dagu, sesekali menunduk.

BACA JUGA :  Kemenkominfo Blokir Puluhan Situs Terkait ISIS

Dalam kasus ini, sesuai tuntutan jaksa, Aman diduga memerintahkan empat orang untuk meledakkan bom di Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Aman menyasar tempat tersebut sebagai lokasi teror karena banyak warga negara asing (WNA) di sana. Bom tersebut akhirnya diledakkan di Gerai Starbucks dan Pos Polisi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada 14 Januari 2016.

Pages: 1 2

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE