Trafik Data Diprediksi Naik 38 Persen Saat Idul Fitri 1439 Hijriah | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Trafik Data Diprediksi Naik 38 Persen Saat Idul Fitri 1439 Hijriah

-

CELEBESonline.com, Makassar – Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah merupakan momen yang spesial untuk menjalani ibadah dan bersilaturahmi dengan sanak famili. Maka, jelang perayaan Idul Fitri, masyarakat akan berbondong-bondong untuk mudik ke kampung halaman.

Melalui momentum itu, Telkomsel memastikan kesiapan jaringan di sepanjang jalur mudik dan wisata, membuka layanan posko Siaga, serta menghadirkan berbagai program loyalty kepada pelanggan.

Untuk memastikan kesiapan jaringan dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI), Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik.

“Peningkatan kapasitas jaringan sudah dilakukan sebagai antisipasi lonjakan trafik, khususnya internet/data yang di perkirakan akan naik signifikan yaitu
dari 2,6 petabyte (PB) menjadi 3,6 PB atau naik 38 persen dibanding hari biasa,” kata Vice President ICT Network Management Area Pamasuka, Samuel Pasaribu, dalam jumpa pers di Baruga Telkomsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Rabu (23/5/2018).

Trafik internet ini paling banyak digunakan untuk menonton YouTube dengan presentasi 30 persen. Disusul Facebook (22 persen), Instagram (17), WhatsApp (12), dan Google (8 persen).

Untuk memanjakan pelanggan agar tidak terganggu dalam menggunakan jaringan internet, Telkomsel Area Pamasuka mengoperasikan 8.829 BTS 4G, termasuk 632 BTS 4G yang mendukung frekuensi 2.300 MHz.

Khusus di Sulawesi, BTS LTE yang on air sudah 4.710. Samuel mengatakan, 1.002  BTS LTE yang akan ditambah sampai akhir 2018.

“Perlu dicatat bahwa Telkomsel merupakan satu-satunya operator di Indonesia yang mengoperasikan BTS LTE dengan 4 frekuensi bekerja bersamaan. Jadi, jaringan lebih cepat, lebih stabil, dan no buffering,” ucapnya.

Samuel menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan Drive Test di tiga jalur mudik yaitu Palangkaraya-Banjarmasin-Tanjung, Samarinda-Balikpapan, dan Makassar-Parepare.

“Jaringan Telkomsel tidak ada gangguan, baik call, SMS, maupun data. Zero call drop dan jaringan data lancar. Untuk jalur Makassar-Parepare, semuanya BTS sudah 4G LTE, sedangkan di Kalimantan memang belum sepenuhnya karena beberapa rute melewati hutan,” kata Samuel.

Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan 18 BTS Mobile (COMBAT) yang dipasang di titik titik utama yaitu di jalur mudik, lokasi tujuan, dan tempat ibadah.

Guna mengantisipasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga serta untuk memastikan pelanggan Telkomsel mendapatkan pelayanan maksimal selama Ramadhan dan jelang lebaran, Telkomsel menghadirkan 179 Point Of Interest (POI) diseluruh area Pamasuka sebagai titik konsentrasi yang terdiri dari 63 Posko Kalimantan, 67 Posko di Sulawesi dan 49 Posko di Papua Maluku.

Lima lokasi yang menjadi fokus utama adalah Makassar Trade Centre (MTC), Pelabuhan Sorong, Bandara Syamsuddin Noer Banjarmasin, Duta Mall Banjarmasin, dan Bandara Hasanuddin Maros.

Adapun titik titik strategis yang tahun lalu belum menjadi prioritas pengamanan jaringan, tahun ini menjadi titik konsentrasi Telkomsel untuk mengantisipasi peningkatan trafik yakni Pelabuhan Ferri Ternate, Pasar Kahayan Palangkaraya, Masjid Raya Sorong.

Di setiap Posko Telkomsel memberikan layanan penjualan perdana, recharge, promo paket data internet, VAS (NSP+konten), HP Bundling dan penukaran kartu 4G. Ke semua posko tersebut mulai beroperasi sejak H-7 hingga H+7.

Seluruh channel pelayanan Telkomsel juga difungsikan selama Ramadhan & Idul Fitri. Telkomsel memiliki 101 kantor layanan Grapari dan Grapari Kios yang di dalamnya termasuk 40 My GraPARI (ATM), 208 Mobile Grapari, 1.072 Outlet Siaga dan 16 Posko Network yang tersebar di wilayah Pamasuka. Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi, Telkomsel menyiagakan lebih dari 856 agen Call Centre yang siap membantu melalui layanan Call Centre 188.

Khusus ditanggal 15 -16 Juni 2018, Telkomsel menyiagakan 8 kantor layanan yang tetap beroperasi di hari lebaran. Kantor layanan tersebut adalah Shop Balikpapan, GraPARI Mitra Kota Baru, Shop Makassar, Shop Manado Mantos, GraPARI Mitra Mall Panakukang, GraPARI Mitra Mall MTC Karebosi, GraPARI Jayapura dan GraPARI Ambon.

Layanan tersebut membuka jam layanan mulai pukul 10.00 – 15.00 waktu setempat. Khusus di Mall, jam layanan menyesuaikan dengan jam layanan mall.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE