Komisi Pengawas Persaingan Usaha Sidak Rumah Potong Hewan di Manggala | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Komisi Pengawas Persaingan Usaha Sidak Rumah Potong Hewan di Manggala

-

CELEBESonline.com, Makassar – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar menggelar sidak ke rumah potong hewan yang terletak di Jalan Tamangapa Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Minggu dinihari, 3 Juni 2018.

Dari hasil sidak yang dilakukan KPPU, stok persediaan daging sapi dan harga masih terbilang stabil. Namun akan mengalami kenaikan harga saat mendekati hari Lebaran.

“Kami melakukan sidak ini untuk mengecek harga daging serta pasokan menjelang lebaran, untuk memastikan tidak ada kendala baik itu dari stok maupun harga daging,” beber Kepala KPPU Makassar, Aru Armando kepada CELEBESonline.com.

Dari hasil pantauan KPPU di 10 kabupaten/kota diantaranya Kota Makassar, harga daging terbilang stabil yaitu Rp95 ribu perkilogram di tingkat RPH. Namun, di tingkat konsumen mencapai Rp100 ribu.

Namun saat mendekati hari lebaran harga daging mulai meningkat, hal ini biasanya terjadi di tiga hari sebelum Lebaran. Selain itu, dari sembilan bahan pokok, daging ayam dan telur ayam juga mengalami kenaikan.

“Untuk mengantisipasi kenaikan harga, kita jaga dari segi pasokan dan jalur distribusi, serta subsudi transportasi dikarenakan transportasi merupakan faktor pembanting harga,” tambahnya.

Untuk ketersediaan pasokan sapi saat hari biasa 70 hingga 80 ekor, tapi jelang lebaran mencapai 300 hingga 500 ekor.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE