Begini Cara Bupati Luwu Timur Pantau Harga di Pasar Malili | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Begini Cara Bupati Luwu Timur Pantau Harga di Pasar Malili

-

CELEBESonline.com, Luwu Timur – Sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Bupati Luwu Timur Muhammad Thorig Husler memantau harga barang di Pasar Malili. Hal itu dilakukan untuk memastikan persediaan barang dan perkembangan harga di pasar.

Husler menyebut saat ini persediaan barang cukup, namun sejumlah barang sudah mengalami kenaikan harga berkisar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu. Tapi, kenaikan tersebut masih dianggap wajar.

Berbelanja langsung kepada pedagang di pasar adalah salah satu cara yang paling jitu untuk mengetahui perkembangan harga. Cara inilah yang diterapkan Bupati Luwu Timur untuk mendapatkan informasi valid soal harga barang.

Husler bersama Kepala Bagian Perlengkapan, Syahrir turun ke Pasar Sentral Malili untuk memantau kondisi pasar jelang lebaran, Minggu (10/6/2018).

Dalam pantauannya, Husler berbelanja mulai dari kebutuhan ibadah Shalat Ied seperti membeli kopiah, serta sayur dan ikan. Hal ini sengaja dilakukannya agar bisa leluasa bertanya kepada pedagang soal stok barang dan harga barang.

“Kenaikan harga barang yang terjadi di Luwu Timur masih dalam batas kewajaran. Meski mengalami lonjakan harga, pasar tetap dipadati pengunjung untuk membeli kebutuhan pokok,” papar Thorig Husler.

Cara husler ini terbukti ampuh, dimana para pedagang yang gembira barangnya dibeli oleh bupati berterus terang kepada soal kencenderungan harga barang yang terus meningkat, seperti harga ayam potong dari Rp35 ribu kini naik menjadi Rp50 ribu per kilo. Sedangkan harga telur ayam, bawang merah dan wortel juga mengalami kenaikan.

Untuk bawang merah kini dijual seharga Rp40 ribu dari harga sebelumnya Rp27 ribu perkilonya.

“Kenaikan harga ini terjadi akibat tingginya permintaan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri,” cetus salah seorang pedagang bawang, Nurhayati.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE