Ini Raja Gowa yang Baru Pengganti Andi Maddusila | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Raja Gowa yang Baru Pengganti Andi Maddusila

-

CELEBESonline.com, Gowa – Jenazah Raja Gowa ke-37, Andi Maddusila Andi Idjo diantar ke tempat istirahatan terakhirnya oleh ratusan orang dengan iringan isak tangis ke Kompleks Pemakaman Raja-raja Gowa di Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin sore (11/6/2018).

 

Sebelumnya, jenazah terlebih dahulu dilepas dengan prosesi adat kerajaan, dimana terlebih dahulu melangkahi kerbau yang sudah disembelih di rumah adat Balla Lompoa sebelum dibawa ke Mesjid Tua Katangka untuk dishalatkan kemudian dikebumikan.

BACA JUGA :  Terjerat Kasus Narkoba, Anak Wakil Bupati Maros Dituntut 8 Bulan Penjara

 

“Prosesi pemotongan kerbau adalah tradisi ketika raja meninggal dunia yang dimana dagingnya akan dibagikan kepada warga. Sebelum wafat Raja Gowa berpesan, agar masyarakat kembali bersatu membangun Gowa,” ucap perangkat kerajaan Gowa, Andi Masualle Patta Ago kepada CELEBESonline.com.

 

Andi Masualle Patta Ago juga menambahkan, Almarhum Andi Maddusila Andi Idjo langsung digantikan oleh adiknya Andi Kumala Idjo setelah diumumkan di Balla Lompoa sebelum jenazah dibawa kepemakaman. Andi Kumala Idjo nantinya akan dikukuhkan oleh dewan adat Raja Gowa.

BACA JUGA :  Resmikan Bumdes Tukamasea, Bosowa Semen Bangga Ada Usaha Bergulir

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE