Ratusan Surat Suara Pemilihan Gubernur Rusak di Luwu Timur | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ratusan Surat Suara Pemilihan Gubernur Rusak di Luwu Timur

-

CELEBESonline.com, Luwu Timur – Penyortiran surat suara untuk Pemilhan Gubernur Sulsel yang dilakukan KPU Luwu Timur sudah menemukan ratusan surat suara yang tidak bisa digunakan. Surat suara itu rusak, polos tanpa gambar calon gubernur dan ada juga yang kotor terkena tinta.

Ketua KPU Luwu Timur, Muhammad Nur yang dikonfirmasi CELEBESonline.com, Senin (11/6/2018), menerangkan untuk sementara ini sudah hampir dua ratus lembar surat suara rusak yang harus diganti baru.

“Secara keseluruhan belum bisa dipastikan total surat suara yang rusak karena proses penyortiran masih sementara berlangsung. Yang ada saat ini sekitar dua ratusan, dan yakin saja jumlah itu akan terus bertambah karena penyortirannya belum selesai,” ujarnya.

BACA JUGA :  KPU Sulsel Jemput Bola Cari Wajib Pilih Agar Tidak Golput pada Pemilu 2019

Lanjut Muh Nur, berdasarkan berita acara yang ditanda tangani, jumlah surat suara yang diterima KPU Luwu Timur dari percetakan sebanyak 189.549 lembar. Jumlah ini sudah termasuk semua wajib Pilih dan surat suara cadangan dua setengah persen.

Dengan adanya surat suara rusak ini, otomatis jumlah tersebut sudah tidak sesuai lagi. Demi kelancaran pemugutan suara, setelah rampung proses pelipatan, surat suara yang rusak akan dilaporkan ke KPU Provinsi selanjutnya diganti dengan yang baru.

BACA JUGA :  KPU Sulsel Jemput Bola Cari Wajib Pilih Agar Tidak Golput pada Pemilu 2019

Rencananya proses penyortiran surat suara ini  akan berlangsung selama empat hari, atau berakhir pada Rabu, 13 Juni 2018.

Penyortiran surat suara ini diawasi ketat oleh pihak Kepolisian Polres Luwu Timur. Setiap warga yang datang ke lokasi, tidak bisa langsung masuk tanpa persetujuan dari petugas. Hal itu diterapkan guna memastikan jalannya penyortiran dalam keadaan aman.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE