Belum Bayar Zakat Fitrah? Baca Ini | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Belum Bayar Zakat Fitrah? Baca Ini

Unsur Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar, Kiyai Haji Abdul Muttalib Abdullah - (Zhizhi)

CELEBESonline.com, Makassar – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, umat islam berkewajiban menunaikan zakat fitrah sesuai hukum islam yang wajib hukumnya, dimana bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa dan harta tidak halal serta memberi makan pada orang miskin.

Unsur Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar, Kiyai Haji Abdul Muttalib Abdullah menjelaskan, khusus zakat fitrah wajib hukumnya dibayarkan setiap muslim di Bulan Ramadan.

BACA JUGA :  Besok, Makassar Kembali Diguyur Hujan Ringan

“Zakat fitrah dibayar mulai masuk awal Ramadan hingga akhir Ramadan atau sebelum selesainya khutbah Idul Fitri yang dibacakan khatib. Dimana ketentuannya diatur setiap orang empat liter beras,” terangnya, Rabu (13/6/2018).

Pimpinan Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Islam dan Bahasa Arab (MDIA) Bontoala Makassar ini menambahkan, jika zakat fitrah dibayarkan setelah pelaksanaan khutbah Idul Fitri, maka terhitung sebagai sedekah.

BACA JUGA :  Pagi Hari Makassar Dilanda Hujan Ringan, Bagaimana Kondisi Cuaca Siang dan Malam?

Menurutnya selain zakat fitrah, zakat mal atau harta hukumnya juga wajib dikeluarkan di Bulan Ramadan. Apabila cukup haul, nisab atau batasan wajib zakat atau tidak, cukup bilangan dan nilainya, misalnya dalam perdagangan cukup setahun di Ramadan yang sama wajib hukumnya dikeluarkan 2,5 persen dari keuntungan yang diperoleh.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE