Ivan Duque Menangkan Pilpres Kolombia, Ini Janji Politiknya | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ivan Duque Menangkan Pilpres Kolombia, Ini Janji Politiknya

Ivan Duque - thebogotapost.com

CELEBESonline.com, Bogota – Ivan Duque (41) terpilih sebagai Presiden Kolombia dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden, Minggu (17/6/2018) waktu setempat. Politisi konservatif ini mengalahkan Gustavo Petro setelah mendapatkan 54 persen suara.

Sedangkan Petro yang merupakan saingannya dari sayap kiri hanya mendulang 41,7 suara setelah proses hitung langsung bergulir 97 persen.

Dipansir dari CNN Indonesia, Duque berhasil mengambil hati rakyat Kolombia setelah kampanye yang dilakukannya berubah menjadi sebuah referendum tentang perjanjian perdamaian 2016 dengan pemberontak FARC. Dalam perjanjian itu, ia bersumpah akan melakukan perombakan.

Ivan Duque Marquez sebelumnya menjadi anggota dewan untuk Bogota di Senat Kolombia. Dia dijadikan kandidat presiden oleh Partai Pusat Demokrat (Partido Centro Democratico/PCD) untuk masa jabatan 2018-2022).

Sebwkumbya, pria bernama lengkap
Ivan Duque Marquez ini memenangkan ronde pertama pilpres dengan 39 persen suara, 27 Mei lalu. Ia kemudian harus berhadapan dengan Petro di babak selanjutnya.

Sebelum aktif menjadi politisi, lulusan American University ini pernah bekerja sebagai penasihat internasional untuk mantan Presiden Kolombia Álvaro Uribe Velez.

Pada 2010 dan 2011, Duque sempat menjadi seorang konsultan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Panel Penelitian yang ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal untuk Incident of Gaza Flotilla yang terjadi pada 31 Mei 2010, antara Israel dan Turki, yang dikenal sebagai Mavi Marmara.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE