Mahasiswa UNM Teliti Buah Ketapang Sebagai Bahan Pengawet | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Mahasiswa UNM Teliti Buah Ketapang Sebagai Bahan Pengawet

-

CELEBESonline.com, Makassar – Tim peneliti muda dari Universitas Negeri Makassar (UNM) berinisiatif untuk menemukan alternatif lain pengawet makanan yang bahan dasarnya berasal dari alam.

“Kurangnya pengawet makanan yang berbahan dasar alami yang membuat kami berinisiatif meneliti hal tersebut. Karena setiap kami membaca komposisi pada produk makanan ataupun minuman, produk itu selalu menggunakan pengawet makanan sintesis,” ungkapnya Wahyu selaku Ketua Tim Peneliti.

“Kami berencana meneliti buah ketapang karena ternyata zat yang dikandung oleh buah ketapang dapat menghambat pertumbuhan mikroba pada makanan,” tambahnya.

Buah ketapang tersebut dijadikan asap cair agar dapat digunakan. “Buah ketapang yang telah terkumpul kami akan jadikan asap cair karena zatnya terekstrak dengan baik ketika dijadikan asap cair,” ungkapnya.

Asap cair dari buah ketapang ini sangat baik digunakan karena selain tidak menggunakan zat kimia, buah ketapang ternyata mengandung bahan seperti lignin, hemiselulosa yang baik digunakan sebagai pengawet karena tidak berbahaya bagi tubuh.

Seperti diketahui bahwa bahan makanan dan jajajan yang beredar di pasaran saat ini mengandung pengawet.

Jenis pengawet yang sering digunakan dipasaran merupakan jenis sintesis, seperti asam benzoat, asam nitrat dan asam boraks. Pengawet-pengawet ini tidak berasal dari alam akan tetapi dibuat dari zat kimia. Sehingga pengawet jenis ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE