Tiga Mantan Narapidana Korupsi di Bulukumba Terdaftar sebagai Bacaleg | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Tiga Mantan Narapidana Korupsi di Bulukumba Terdaftar sebagai Bacaleg

KPU - Int

CELEBESonline.com, Bulukumba – Tiga mantan narapidana kasus korupsi di Kabupaten Bulukumpa pada tahun 2003 lalu ikut terdaftar sebagai bakal caleg dari sejumlah partai. Ketiganya telah menjalani proses hukum dan kembali mencalonkan diri pada Pileg 2019.

Komisioner Divisi Hukum dan Sosialisasi KPU Bulukumba, Syamsul Alam, mengatakan bahwa ketiga mantan napi koruptor tersebut didaftarkan oleh tiga parpol yakni Golkar, Nasdem, dan Berkarya.

“Temuan ini diketahui saat KPU tengah melakukan verifikasi berkas bacaleg dan ditemukan lampiran putusan pengadilan,” kata Syamsul.

Syamsul memastikan pihaknya tidak akan meloloskan ketiga bacaleg yang tidak memenuhi syarat tersebut. Berkas ketiganya pun telah dikembalikan ke masing-masing parpol untuk segera diganti.

Syamsul menegaskan bahwa KPU telah melakukan sosialisasi terkait tidak diperbolehkannya mantan narapidana untuk maju sebagai caleg. Hal ini berdasarkan aturan PKPU Nomor 20 tahun 2018. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa terdapat tiga kategori caleg yang tidak dapat diteruskan pencalonanya yakni mantan terpidana korupsi, mantan napi narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE