Unhas Angkat 30 Dosen dan Tenaga Pendidikan Tetap Non PNS | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Unhas Angkat 30 Dosen dan Tenaga Pendidikan Tetap Non PNS

-

CELEBESonline.com, Makassar – Universitas Hasanuddin menerima 30 pegawai tetap Non-PNS yang terdiri atas 20 orang dosen tetap dan 10 orang tenaga kependidikan (staf). Proses rekrutmen berlangsung sejak bulan Juni 2018 lalu.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) bagi dosen dan tenaga pendidikan yang diangkat sebagai pegawai tetap Unhas Non-PNS, Senin (30/7/2018). Acara yang berlangsung di lantai 4 Gedung Rektorat ini dihadiri Rektor Unhas, Sekretaris Universitas, beberapa Dekan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, serta para kepala biro di lingkungan Unhas.

Kepala Biro Administrasi, Perencanaan, dan Sistem Informasi (BAPSI) Unhas, Akhmad MSi, dalam laporannya mengatakan bahwa proses penerimaan dosen Unhas Non-PNS cukup menarik minat yang tinggi.

“Kita menerima 626 orang pelamar secara online, namun yang akhirnya mengirimkan berkas fisik adalah sebanyak 462 orang. Setelah kita melakukan seleksi administrasi, yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi adalah 368 orang. Ini angka yang sangat tinggi, sebab kita hanya akan menerima 20 orang dosen saja,” kata Akhmad.

Para peserta yang memenuhi syarat administrasi ini selanjutnya mengikukuti serangkaian seleksi, yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Materi TKD terdiri atas Wawasan Kebangsaan, Intelegensia Umum, dan Karakteristik Pribadi. Sementara untuk TKB terdiri atas Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL), Tes Potensi Akademik sesuai kualifikasi pendidikan, dan Tes Keterampilan Mengajar (micro teaching).

Sementara itu, pelamar tenaga kependidikan, jumlah pelamar sebanyak 161 orang. Namun yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi adalah 120 orang. Selanjutnya yang diterima berjumlah 10 orang.

Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof Dr Nasaruddin Salam MT, menjelaskan bahwa peristiwa ini merupakan hal bersejarah bagi Unhas. Inilah untuk pertama kalinya sejak berdiri Unhas merekrut dosen tetap yang sepenuhnya digaji oleh Unhas sesuai standar dosen.

“Kita ada kebijakan untuk meminimalisir inbreeding, yaitu mengambil dosen Unhas dari alumni Unhas. Ini merupakan kebijakan Ibu Rektor, agar Unhas ini memiliki sumber daya manusia yang memiliki wawasan global, tidak hanya melulu dari Unhas saja,” katanya.

“Maka, dari 20 dosen yang kita rekrut, sebagian besar adalah alumni S2 atau S3 bukan dari Unhas. Ada 6 orang dosen alumni luar negeri, yaitu dari New Zealand, Scotlandia, Australia, Inggris, dan Jepang. Selebihnya adalah alumni ITB, UGM, UNPAD, UNAIR, dan UNJ,” kata Prof Nasaruddin.

Prof Nasaruddin juga menjelaskan bahwa dari 20 orang dosen yang direkrut ini, 12 orang diantaranya sudah mengabdi sebelumnya sebagai dosen. Mereka memang memiliki nilai yang tinggi dalam setiap tahapan seleksi.

Pages: 1 2

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE