Inflasi Kota Makassar Bergerak di Posisi Aman 3,59 Persen | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Inflasi Kota Makassar Bergerak di Posisi Aman 3,59 Persen

Bambang Kusmiarso - (Mardi)

CELEBESonline.com, Makassar – Inflasi Kota Makassar bergerak stabil pada triwulan kedua tahun 2018 dengan posisi 3,59 persen. Bank Indonesia meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk tetap memantau pergerakan harga bahan pangan yang kerap menjadi pemicu inflasi, agar inflasi tetap terkendali.

Memasuki triwulan ketiga, kondisi inflasi di Sulawesi Selatan berjalan sesuai harapan. Sejumlah daerah diminta untuk tetap melakukan penetrasi dan pemantauan berkala terhadap komoditas bahan pangan yang kerap menjadi pemicu inflasi.

“Khusus di Kota Makassar, pergerakan inflasi hingga bulan juli 2018 cukup baik yakni bergerak di posisi 3,59 persen. Posisi itu berada diatas target 3,5 plus satu persen,” terang Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Bambang Kusmiarso kepada CELEBESonline.com, Jum’at (3/8/2018).

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemkot Makassar dalam menekan inflasi di ibukota provinsi.

Sementara itu, Walikota Makassar Danny Pomanto bakal menggalakkan program operasi pasar setiap hari. Operasi pasar itu khusus untuk komoditi bahan pangan yang rawan memicu inflasi. Rencana ini telah disampaikan oleh Danny kepada Bank Indonesia Sulsel, pada rapat tertutup pencanangan kawasan smart dan lorong peduli inflasi.

Model operasi pasar yang akan digalakkan Pemkot Makassar berbeda dari operasi pasar pada umumnya. Melainkan, dengan menggunakan sistem aplikasi dalam jaringan atau online. Operasi pasar smart ini nantinya hampir mirip dengan sistem pemesanan Go Food pada Gojek dan Grab. Dimana, operasi pasar itu akan diintegrasikan dengan android RT/RW yang ada di Kota Makassar.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE