Dosen Unibos Bantu Kembangkan Desa Wisata di Bantaeng | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Dosen Unibos Bantu Kembangkan Desa Wisata di Bantaeng

-

CELEBESonline.com, Bantaeng – Sebagai civitas akademika, dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan desa wisata Bontotallasa, Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng, Senin (6/8/2018).

Pengabdian masyarakat yang meliputi penataan desa wisata dan pemberian pembimbingan pengelolaan potensi desa ini dilakukan oleh Dosen Fakultas Teknik Unibos, Jufriadi MSP, Awaluddin Hamdi MSi, Rahmawati Rahman MSi, dan Rudi Latief MSi.

Pengembangan desa wisata yang sebelumnya dalam perencanaan pengawasannya akan dilakukan selama tiga tahun mulai dari pembentukan desa wisata, pengembangan hingga inovasi produk wisata dari potensi daerah tersebut juga mendapat sambutan hangat dari Kepala Desa Bonto Tallasa.

“Keberadaan program ini memang sangat membantu masyarakat untuk berpacu membangun desa sehingga dapat menjadi desa wisata acuan bagi desa lainnya. Kami juga sangat mendukung wisata ini dengan program pemerintah untuk pembuatan jalan rintisan beton,” ungkap Kepala Desa Bontotallasa, Basing.

BACA JUGA :  Zakir Sabara Orang Kedua dari Makassar yang Raih AFEO Honorary Member

“Bagi Unibos kami sangat berharap dalam pendampingan ini dapat diwujudkan dengan penempatan mahasiswa KKN berikutnya di desa Bontotallasa,” tambahnya.

Pasalnya, Desa Bontotallasa ini memang memiliki keunikan untuk dijadikan sebagai icon wisata. Sebab begitu banyak potensi desa termasuk sumber airnya yang masih terjaga yang membuat desa ini berpotensi untuk menjadi tempat wisata.

Hal ini yang mnejadi perhatian Dosen Unibos. Salah satunya diungkapkan Jufriadi.

“Desa ini potensinya sangat besar. Termasuk salah satu sumber air alami dari pepohonan yang masih sangat terjaga yang sudah digunakan puluhan tahun sebagai mata air untuk kebutuhan sehari-hari termasuk untuk dikonsumsi,” tuturnya.

BACA JUGA :  Segera Mulai Kuliah, Siang Ini Unhas Gelar Prosesi Penerimaan Mahasiswa Untad Palu

“Sehingga amat sangat disayangkan apabila desa ini tidak ditata dengan baik. Sementara potensi desa ini bisa membantu masyarakat mendapatkan pendapatan lebih apabila wisatawan sudah berkunjung,” tambah Dosen Unibos ini

Jufriadi menambahkan, “Kita dalam pembinaan dan pengembangan desa wisata ini membantu dalam segi penataan tempat wisata yang unik yang terbentuk dari batu cadas. Untuk pendukung lainnya kami juga membantu dalam mendesain dan membuat kolam renang, pancoran dan fasilitas wisata lainnya.”

“Sehingga wisata permandian alam di desa ini bisa menarik perhatian para wisatawan dan sekiranya juga bisa membantu berjalannya program pemerintah setempat. Selanjutnya kami akan bekerjasama dengan civitas akademika bidang lainnya di Unibos sebab desa ini pun memiliki potensi dalam agrowisata”, tambahnya.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE