Founder Panasonic asal Jepang Bagi Pengalaman Engineer di Unibos | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Founder Panasonic asal Jepang Bagi Pengalaman Engineer di Unibos

Shinichiro Muta saat menceritakan pengalamannya di bidang Engineer di Unibos - Humas Unibos

CELEBESonline.com, Makassar -Shinichiro Muta dari Tecknology Departement of Electrical Engineering Kyushu University Jepang berikan kuliah umum di Universitas Bosowa (Unibos), Selasa (7/8/2018). Kuliah umum ini untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam dunia teknik dan memperkenalkan beberapa budaya yang dilakukan para engineer Jepang.

Kuliah umum yang diikuti mahasiswa Fakultas Teknik Unibos ini juga diikuti para Wakil Rektor Unibos bersama Dekan se-Universitas Bosowa.

Mengusung tema “Engineering Mind and Culture Exchange Activities”, Shinichiro Muta memaparkan beberapa pengalamannya dalam dunia engineering dan kegemarannya di bidang sosial, termasuk seorang engineer yang menekuni hobby dalam dunia seni musik dan seni rupa.

Shinichiro Muta yang juga merupakan Founder Panasonic berbagi tiga pemikiran kepada civitas akademika Unibos tentang hidup yang lebih sehat. Termasuk kepedulian dan rasa ingin tahu, mengolah pikiran dan kasih sayang.

Menurutnya tiga hal ini yang dapat membantu seseorang lebih baik dalam mejalani kehidupan sosial.

Selain itu dalam workshop seorang engineer asal Jepang ini menuturkan bahwa engineer tidak hanya harus menekuni dunia teknik daja tetapi meningkatkan hubungan internal dan eksternal kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Seorang engineer harus mampu mengubah mindset dan aktivitas yang tidak hanya bergelut dalam dunia teknik tetapi harus menciptakan kedekatan sosial dan memberikan bantuan yang sebenarnya. Meski bantuan itu tidak berupa uang,” ungkap Shinichiro Muta.

Dosen sekaligus lulusan Kyushu University ini menambahkan jika seorang engineer dalam menciptakan hubungan komunikasi yang baik antara para engineer baik dengan manajer atau para pekerja laangan juga harus memahami bagaimana komunikasi itu dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan memperluas wawasan untuk menciptakan topik pembicaraan.

Shinichiro Muta memberikan teknik-teknik untuk menjadi engineer profesional. “Selain memahami tradisi dan teknologi, seorang engineer itu menciptakan karakter seorang engineer dalam diri sebelum memulai menciptakan produk itu sendiri,” katanya.

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE