BREAKING : KPU Sulsel Tolak 11 Bacaleg Nasdem | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

BREAKING : KPU Sulsel Tolak 11 Bacaleg Nasdem

Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang. - (teti)

CELEBESonline.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menolak berkas perbaikan satu orang Bakal calon legislative (Bacaleg) perempuan dari Partai Nasdem, Kamis 9 Agustus 2018.

Penolakan tersebut lantaran berkas Bacaleg tersebut tidak memenuhi syarat dan berimbas pada ditolaknya keseluruhan Bacaleg di dapil 11 Sulsel.

Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang mengatakan, temuan adanya satu Bacaleg perempuan dari Partai Nasdem yang tidak memenuni syarat ini saat dilakukan verifikasi berkas perbaikan, dimana pihaknya langsung menggugurkan Bacaleg tersebut lantaran tidak mampu melengkapi dokumen berkas perbaikannya.

BACA JUGA :  Jalan Andi Djemma Akan Dilengkapi Boks Air Minum Gratis

Meski pihak KPU tidak menyebut siapa Bacaleg tersebut, namun dipastikan yang bersangkutan merupakan pengganti Bacaleg sebelumnya yang juga tidak memenuhi syarat.

Sementara itu, imbas dari ditolaknya satu berkas Bacaleg Nasdem ini akan  mempengaruhi komposisi caleg perempuan, sehingga berakibat pada penolakan keseluruhan 11  Bacaleg di satu dapil yakni dapil 11 Sulsel yang meliputi Luwu Raya.

BACA JUGA :  Pemkot Makassar Pagari Blok B Barat Pasar Sentral

“Partai Nasdem saat ini tengah  mengambil langkah hukum dengan melakukan gugatan ke Bawaslu Sulsel untuk dilakukan sidang mediasi dan jika belum ditemukan kesepakatan akan dilanjutkan dengan sidang yudikasi,” ungkap Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang.

Sebelumnya, Asrar menjelaskan dalam aturan PKPU, jumlah Bacaleg dalam satu dapil harus memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan, selain itu dalam aturan Zipper diantara jumlah tiga Bacaleg harus terdapat satu perempuan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE