Dapat Remisi 17 Agustus, Ahok Bakal Bebas Desember Nanti | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Dapat Remisi 17 Agustus, Ahok Bakal Bebas Desember Nanti

Basuki Tjahaja Purnama - CNN Indonesia

CELEBESonline.com, Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merupakan sah satu narapidana yang mendapat pengurangan masa hukuman atau remisi 17 Agustus. Hal ini disampaikan Menkum HAM, Yasonna Laoly.

Meski mendapat remisi, Ahok bekum bisa bebas. Ia masih akan menjalani sisa masa tahanannya. Diperkirakan, ia akan menghirup udara bebas pada Desember nanti.

“Dia (Ahok) akan dapat (remisi) 17 Agustus. Perhitungan, Desember dia sudah ini (bebas), nanti saya cek. Nanti kita hitung lagi kapan dia bisa keluar,” kata Laoly setelah mengikuti pawai obor Asian Games 2018 di Polres Jakarta Utara, Jl Yos Sudarso, Koja, Kamis (16/8/2018), seperti dilansir dari detikcom.

Hal ini juga disampaikan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Ade Kusmanto.

Menurut Ade, Ahok mendapat pemotongan dua bulan masa tahanan. Saat peringatan HUT Ke-72 Republik Indonesia lalu, Ahok belum bisa memperoleh remisi karena belum menjalani masa tahanan selama enam bulan.

Selama di penjara, Ahok baru memperoleh remisi saat Natal 2017.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu divonis pada 9 Mei 2017 dengan hukuman 2 tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan penodaan agama atas pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Ahok kini ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Secara keseluruhan, pemerintah memberikan remisi kepada 102.976 narapidana yang telah menjalani pidananya dengan baik.

Para narapidana dianugerahi remisi umum atau pemotongan masa pidana sebanyak satu hingga tiga bulan. Adapun, dalam pemberian remisi kali ini, sebanyak 2.220 di antaranya langsung menghirup udara bebas.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE