Inovasi Metode Pembelajaran Matematika dengan Permainan | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Inovasi Metode Pembelajaran Matematika dengan Permainan

Belajar matematika sambil bermain - dok Unhas

CELEBESonline.com, Makassar – Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hasanuddin memperkenalkan inovasi metode pembelajaran matematika melalui permainan atau game method. Ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan untuk mendorong daya tarik peserta didik dalam mempelajari sesuatu topik yang berat atau rumit.

Aplikasinya dalam pembelajaran dapat diterapkan pada subyek-subyek yang rumit, termasuk dalam matematika.

Permainan matematika adalah suatu kegiatan menggembirakan yang dapat menunjang tercapainya tujuan intruksional matematika yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Permainan matematika mengandung nilai-nilai matematika yang dapat meningkatkan keterampilan pemahaman konsep dan pemantapannya, pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan masih banyak lagi.

Tim Pengabdian Masyarakat yang dipimpin Nur Erawati MSi bersama dosen-dosen Departemen Matematika FMIPA Unhas melakukan pengabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan pada guru-guru sekolah dasar di Parepare, 1 September 2018 lalu. Tim dosen yang terlibat antara lain Prof Dr Amir Kamal Amir MSc (Ketua Laboratorium Matematika Terapan Unhas), Prof Dr Aidawayati Rangkuti MS, Naimah Aris MMath, Dr Kasbawati MSi, dan Sitti Sahriman MSi.

Nur Erawati menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa mereka mengambil topik ini sebagai materi pengabdian masyarakat. “Kami ingin memberikan pengetahuan baru dan skil yang aplikatif kepada guru-guru sekolah dasar tentang bagaimana memanfaatkan metode permainan dalam belajar matematika,” kata Nur Erawati di Makassar, Selasa (4/9/2018).

Pages: 1 2

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE