Wagub dan Bos PSM Berbagi Pengalaman Entrepreneurship Kepada Maba Unibos | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Wagub dan Bos PSM Berbagi Pengalaman Entrepreneurship Kepada Maba Unibos

Andi Sudirman Sulaiman - Humas Unibos

CELEBESonline.com, Makassar – Masih dalam rangka penyambutan dan penerimaan mahasiswa baru Universitas Bosowa (Unibos) khususnya Fakultas Ekonomi (FE), Unibos memberi motivasi penanaman jiwa entrepreneurship dan kepemimpinan dengan menghadirkan pemateri yang handal di bidangnya dengan tema “Basic Character and Study Skill (BCSS)”.

BCSS khusus FE Unibos yang diikuti 329 maba ini diberi motivasi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaeman, bersama CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin. Kedua pemateri tersebut didampingi para dosen FE Unibos bersama Dekan Fakultas Ekonomi Unibos, Dr A Arifuddin Mane.

“Kuliah itu harus dibarengi dengan organisasi yang bisa memberi pengalaman non akademik. Dalam organisasi ini juga kita secara perlahan bisa membangun jiwa entrepreneur kita dengan hal-hal positif untuk mengembangkan diri,” kata Appi, sapaan Munafri.

“Dalam membangun jiwa entrepreneurship, yang ditanamkan haruslah sebuah kepercayaan dalam diri dan harus mampu dipercaya orang lain. Tetap berusaha mencapai mimpi, jika mimpinya menjadi entrepreneur muda maka haruslah bekerja dengan cerdas dan bekerja keras,” katanya.

Appi menambahkan bahwa calon entrepreneur muda mampu melihat peluang dan memiliki networking. Juga pintar dalam melakukan perhitungan.

Sementara itu, Sudirman menuturkan beberapa strategi untuk menjadi seorang pemimpin dan menumbuhkan jiwa entrepreneur.

“Fokus, ulet, dan learning by doing. Belajar terutama memperdalam wawasan melalui membaca. Jangan malas ke perpustakaan. Belajar bahasa asing agar bisa go internasional,” katanya.

“Ke depan, jika telah lulus dari kampus, jangan sibuk dan fokus untuk mencari kerja saja tapi harus mampu menciptakan lapangan kerja. sebagai jiwa muda yang sudah digeluti dengan perkembangan IT juga harus mampu berkolaborasi menciptakan peluang,” tambahnya.

Sudirman menambahkan, mahasiswa itu hanya proses pembentukan karakter. “Ini proses untuk menjadi siapa diri kita ada pada saat kita dihadapkan dengan masyarakat,” katanya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE