Al Kalam Pamerkan Benda Pusaka Milik Sultan Hasanuddin di Balai Manunggal | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Al Kalam Pamerkan Benda Pusaka Milik Sultan Hasanuddin di Balai Manunggal

-

CELEBESonline.com, Makassar – Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1440 Hijriyah, Al Kalam (Laskar Rasulullah) menggelar pameran benda pusaka di Balai Manunggal Jenderal M Yusuf, 12-13 September 2018. Menariknya, ada peti pusaka milik Sultan Hasanuddin berisi 32 keris beraneka macam yang usianya sudah ratusan tahun.

Pameran benda pusaka yang memasuki tahun ke delapan sejak digelar pertama kali pada tahun 2010 ini menarik perhatian bagi pecinta benda-benda pusaka khas Sulawesi. Pasalnya, sebanyak 7.000 benda pusaka yang dipamerkan terdiri dari keris panjang 600 bilah, keris kecil 1.600 bilah hingga badik dan tombak mencapai 3.000 sampai 4.000 buah.

Teristimewa, ada peti pusaka milik Sultan Hasanuddin berisi 32 keris aneka macam yang usianya sudah ratusan tahun. Selain itu juga ada parang dengan besi tua yang diperoleh dari Gunung Bawakaraeng yang usianya sudah puluhan tahun, dengan latar sejarah yang juga tidak kalah menariknya.

“Benda pusaka yang dipamerkan didominasi dari Sulsel, tapi ada juga dari seluruh nusantara, Arab dan Persia. Pameran yang memasuki tahun kedelapan ini tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dan membangkitkan kejayaan Islam melalui benda pusaka,” terang Ketua Panitia Pameran, Al Kausar Al Kalam saat ditemui, Rabu (12/9/2018).

Selain itu, ajang ini juga guna melestarikan budaya dan menegaskan bahwa benda-benda pusaka ini untuk dilestarikan dan tidak ada unsur mistis didalamnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE