Besok, Unhas Launching Smart Campus Berbasis Smart Card | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Besok, Unhas Launching Smart Campus Berbasis Smart Card

SmartCard Universitas Indonesia. Hal ini juga akan diterapkan di Unhas yang diluncurkan besok - int

CELEBESonline.com, Makassar – Universitas Hasanuddin (Unhas) akan meluncurkan Smart Card Campus di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas besok, Jumat (14/9/2018) pagi.

Pemanfaatan Smart Card Campus ini merupakan langkah nyata untuk mewujudkan Smart Campus Unhas. Kedepannya, berbagai aktivitas di kampus Unhas akan terintegrasi dalam Smart Card yang akan mendukung berbagai aktivitas.

Smart Card Campus ini merupakan hasil kolaborasi Unhas bersama tiga perguruan tinggi lainnya yaitu Telkom University, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia (UI) melalu Konsorsium Smart Card Indonesia. Ini sebagai bagian dari Program Pengembangan Teknologi Industri.

Universitas Riau kemudian bergabung dalam konsorsium ini untuk pemanfaatan produk hasil riset konsorsium.

Dalam konsorsium ini turut bergabung pula lima perusahaan, yaitu PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT Inti), PT Xirka Silicon Technology, PT Data Aksara Matra (PT DAM), PT Inti Bangun Sejahtera (IBS), dan PT Versatile.

Konsorsium ini bertujuan merancang suatu sistem Smart Card produksi dalam negeri yang dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Dengan Smart Card produksi bangsa Indonesia, maka Indonesia dapat melepas ketergantungan terhadap impor teknologi ini.

Konsorsium ini didukung oleh Dewan Riset Nasional (DRN) dan mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penelitian yang telah sampai pada tahap pemanfaatan ini akan segera diterapkan pada beberapa perguruan tinggi. Saat ini, telah tersedia 35.000 keping kartu dan 150 reader (pembaca).(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE