Waspada Kebakaran, Setiap Rumah Harusnya Memiliki Apar dan Akses Penyelamatan Diri | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Waspada Kebakaran, Setiap Rumah Harusnya Memiliki Apar dan Akses Penyelamatan Diri

Kebakaran di Tinumbu, Senin (6/8/2018) dini hari - handover

CELEBESonline.com, Makassar – Di musim kemarau seperti sekarang, warga diimbau untuk mewaspadai terjadinya bencana kebakaran. Bencana tersebut mudah terjadi dalam kondisi suhu udara tinggi dan kering.

Kasus kebakaran makin meningkat akhir-akhir ini. Karena itu, masyarakat perlu selalu mewaspadai hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran.

Salah satu penyebab terjadinya yaitu hubungan arus pendek listrik dan juga sulitnya akses penyelamatan diri pada rumah-rumah, terutama rumah ruko.

Pengamat arsitektur, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Muhammad Yusri Lukman, mengatakan, perlu mempertimbangkan banyak hal untuk membuat sebuah bangunan atau rumah, terkhusus bangunan ruko yang rawan terjadi kebakaran.

“Seperti pemilihan material bangunan serta sirkulasi yang tidak jelas yang dapat menimbulkan kepanikan jika terjadi kebakaran,” katanya.

Yusri menambahkan, kebanyakan bangunan juga tidak memiliki sirkulasi yang baik, khususnya bangunan ruko. Hal ini bisa menimbulkan kepanikan dan tentu gangguan pernafasan jika sudah terjebak di dalamnya.

Pages: 1 2

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE