Mahfud MD Bawakan Kuliah Umum di Unibos, Ini yang Dibahas | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Mahfud MD Bawakan Kuliah Umum di Unibos, Ini yang Dibahas

-

CELEBESonline.com, Makassar – Guru Besar Universitas Islam Indonesia, Prof Dr Mahfud MD membawakan kuliah umum dengan tema Memupuk Nasionalisme dan Patriotisme di Dunia Perguruan Tinggi, di Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (19/9/2018).

 

Dalam kunjungannya, mantan Menteri Hukum dan HAM RI itu memberikan pencerahan serta banyak mengupas kondisi pendidikan dan ilmu pengetahuan di hadapan ribuan mahasiswa dan dosen di kampus besutan Aksa Mahmud itu.

 

Mahfud MD pun memberikan ceramah serta renungan kepada mahasiswa agar berguna bagi bangsa, negara dan masyarakat. Ia kemudian mengajak mahasiswa agar tak berpikir menjadi mahasiswa Sarjana. Akan tetapi, mahasiswa harus berpikir menjadi cendekiawan dan intelektual muda.

 

Jebolan UGM ini menjelaskan, tolak ukur alumni luaran yang dihasilkan Perguruan Tinggi. Tak hanya pada ukuran kemampuan otak, skil dan keterampilan.

 

“Seorang sarjana punya ilmu keahlian yang khusus, kalau cendekiawan punya otak atau watak dan skil yang bagus dan luas. Dalam konteks UUD 1945 jelas disebutkan, tujuan pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan menghasilkan sarjana dan lainnya,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Mahfud MD hadir sebagai pemateri dalam kuliah umum yang diadakan Unibos Makassar yang bertemakan Memupuk Nasionalisme dan Patriotisme di Dunia Perguruan Tinggi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE