Ular Peliharaan Lord Voldemort Terinspirasi dari Mitologi di Indonesia | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ular Peliharaan Lord Voldemort Terinspirasi dari Mitologi di Indonesia

-

CELEBESonline.com, London – Bagi pecinta buku dan film Harry Potter, pasti tahu sosok ular sakti yang merupakan peliharaan Lord Voldemort, musuh dari Harry Potter.

Setelah film Harry Potter, sebuah film tentang masa lalu keluarga Potter kembali dibuat, Fantastic Beasts”. Film ini lagi-lagi diangkat dari buku yang ditulis Joanne Kathleen Rowling atau JK Rowling.

Pada 25 September lalu, Warner Bros Pictures merilis trailer “Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018)”. Trailer ini membuat heboh sekaligus kritikan dengan munculnya karakter makhluk setengah ular bernama Nagini yang diperankan Claudia Kim, seorang aktris asal Korea Selatan.

Dalam film tersebut, Nagini merupakan ular betina besar yang mendampingi musuh utama Harry Potter, Lord Voldemort dalam film “Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. Fantastic Beasts merupakan spin off dari serial Harry Potter. Film garapan David Yates dengan kisah yang diadaptasi dari cerita Harry Potter itu akan tayang perdana pada 16 November 2018 nanti.

JK Rowling mengungkap bahwa Nagini adalah seorang “Maledictus”, yakni sosok manusia dengan darah kutukan selama 20 tahun yang kemudian terjebak dalam wujud ular. Saat berwujud ular, dia kemudian bertemu Voldemort yang dalam pengasingan di Albania.

Pada seri sebelumnya, film yang dibintangi oleh aktor Eddie Redmayne itu telah menuai kritik karena sebagian besar pemainnya yang berkulit putih. Kini, sekuel film yang disutradarai oleh David Yales itu menuai keprihatian karena peran Claudia Kim sebagai Nagini, yang dinilai jauh dari representasi seharusnya dari sosok ular sakti dalam mitologi India kuno.

Menjawab kritikan itu, JK Rowling sebagai penulis cerita tersebut mengungkapkan klarifikasi melalui akun Twitter-nya. Menurut Rowling, Nagini sudah pantas diperankan seorang aktris Asia, karena latar belakang karakternya bermula dari Asia.

“Naga adalah makhluk sejenis ular dari mitologi Indonesia, itu mengapa namanya ‘Nagini’. Mereka terkadang digambarkan bersayap, setengah manusia, setengah ular. Dan Indonesia terdiri dari beberapa kelompok etnis, termasuk Jawa, Tionghoa, dan Betawi,” papar penulis asal Inggris itu.

Dilansir dari Kompas.com, dalam mitologi Indonesia, terdapat tokoh ratu ular bernama Naga Gini. Dalam buku Sejarah Wayang Purwa (1982), Dewi Naga Gini yang merupakan putri Dewa Ular bernama Hyang Antaboga dan Dewi Supreti dari Kahyangan Saptapratala.

Dewi Naga Gini diwujudkan dalam wujud setengah manusia dan setengah ular. Ia memiliki wujud setengah ular dari bapaknya yang merupakan raja ular raksasa. Dewi Naga Gini merupakan istri Bima alias Werkudara. Dari perkawinan tersebut, mereka memiliki anak bernama Arya Anantareja.

Film “Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald” akan tayang pada 16 November mendatang. Sekuel “Fantastic Beasts and Where to Find Them” tersebut akan mengisahkan perjuangan Newt Scamander yang diperankan oleh Eddie Redmayne membantu Albus Dumbledore (Jude Law) untuk melawan penyihir hitam terbesar kala itu, Gillert Grindelwald (Johnny Depp).(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE