Target Lolos PKM Dikti 2019, Unibos Bekali Mahasiswa dengan Serangkaian Tips | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Target Lolos PKM Dikti 2019, Unibos Bekali Mahasiswa dengan Serangkaian Tips

-

CELEBESonline.com, Makassar – Universitas Bosowa (Unibos) menargetkan mahasiswanya dapat lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pendidikan Tinggi (Dikti) tahun 2019. Karena itu, dilakukan berbagai langkah, salah satunya melalui tahapan awal dengan dilaksanakannya Workshop Program Kreativitas Mahasiswa, Rabu (10/10/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Aksa Mahmud lantai 9 Unibos ini mengangkat tema “Semangat Kompetisi dalam Kreativitas untuk Menuju PKM 5 Bidang dan 2 Bidang 2019″

Workshop ini dilakukan untuk mempersiapkan para peserta lolos dalam seleksi PKM Dikti 2019 tahapan berikutnya. Workshop ini menghadirkan sejumlah pemateri seperti Abdul Mollah Jaya MSi (Dosen Pertanian Universitas Hasanuddin), dan Dr Muhammad Arief Nasution MP (Dosen Pertanian Unibos). Melalui pemateri ini, mahasiswa Unibos mendapat beberapa tips PKM.

“Salah satu poin penting dalam kelulusan PKM itu adalah bagaimana tim dapat membuat penentuan judul yang kreatif yang siap bersaing dan layak untuk didanai. Karna karya PKM ini bukan hanya semata-mata proposal tetapi dia memiliki impact bagi masyarakat yang benar harus diterapkan,” kata Dr Muhammad Arief Nasution.

BACA JUGA :  Tawuran, Satu Mahasiswa UIN Alauddin Dilarikan ke Rumah Sakit

Arief menambahkan, mahasiswa juga harus memperkaya wawasan sehingga proposal yang dibuat juga berbaur dengan perkembangan saat ini.

“Selain judul, hal penting adalah mahasiswa harus kreatif dan mulai melihat inovasi yang berkembang pada saat ini. mahasiswa harus mulai memperlajari jenis seperti apa yang bermanfaat bagi masyarakat. harus memahami teknis penyusunan dan penulisan. Juga harus mengirimkan tepat waktu,” tambah Abdul Mollah Jaya.

“Semakin banyak proposal yang dikirim akan semakin besar peluang untuk lolos. Mahasiswa bisa menuliskan PKM yang diminatinya berdasarkan bidang ilmunya. Tetapi apapun jenis PKM-nya itu memiliki struktur masing-masing. Sebelum membuat PKM, pahami dulu apa tujuan dan output yang akan diperlihatkan dari PKM yang disusun tersebut,” tambahnya.

BACA JUGA :  Aksa Mahmud: Lulusan Politeknik Bosowa Tidak Boleh Jadi Pengangguran

Selanjutnya, mahasiswa yang ikut kurang lebih 100 peserta ini diberi kesempatan agar memberikan judul PKM yang akan disusun tersebut kepada pembina PKM Unibos paling lambat dua minggu setelah acara workshop ini. Saat ini PKM Unibos dibawah koordinir Dr Sri Firmiaty MP.

“Workshop PKM, tentu kegiatan ini dilakukan bukan hanya sekedar kegiatan yang dapat diselenggarakan sebagai ajang sosialisasi namun melalui kegiatan ini mampu menghadirkan PKM yang siap di kirim dan mampu didanai serta dapat lolos Pimnas atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional),” ungkap WR III Unibos yang membuka acara tersebut, Dr Abd Haris Hamid.

“Selain itu ini dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam penulisan ilmiah yang dapat mempermudah dalam menghadapi semester akhir atau penulisan proposal skripsi,” tambahnya.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE