Menyongsong Revolusi Industri 4.0, FP Unibos Gelar Seminar Digitalisasi Peternakan | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Menyongsong Revolusi Industri 4.0, FP Unibos Gelar Seminar Digitalisasi Peternakan

-

CELEBESonline.com, Makassar – Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Bosowa (Unibos) ke-32, Fakultas Pertanian (FP) Unibos gelar Seminar Digitalisasi Sektor Pertanian di Gedung Lestari 45 Unibos, Kamis (11/10/2018).

Kegiatan yang dihadiri 700 peserta ini dibuka Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, dengan menghadirkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, Abdul Aziz MM, sebagai Keynote Speaker. Hadir juga tiga pemateri lainnya yaitu CEO PT Berdikari United Livestock, Moh Arief Arianto; Managing Director PT Kalla Kakao Industri, Muhammad Amri Arsyid; dan CEO PT Bantu Ternak Indonesia, Ray Rezky Ananda.

Abdul Aziz menuturkan beberapa manfaat jika industri ternak masyarakat telah dibaurkan dengan teknologi yang berkembang saat ini. “Termasuk meningkatkan populasi dan produksi ternak, dapat menjadi acuan untuk pemberdayaan kelompok ternak agar memanfaatkan teknologi peternakan dengan lebih mengefesienkan lahan ternak, dapat lebih mengoptimalkan kesehatan ternak masyarakat, mendorong berkembangnya usaha ternak lebih besar yang mendorong pendapatan lebih tinggi dan meningkatkan kapasitas SDM aparatur peternakan,” katanya.

Terkait digitasilasi peternakan, hal tersebut juga diungkapkan CEO PT Berdikari United Livestock, Moh Arief Arianto. “Memang digitalisasi ini dibutuhkan untuk meningkatkan bagaimana produksi ternak yang lebih cepat dan efesien,” katanya.

“Sehingga Indonesia tidak lagi menjai Negara yang belum maksimal dari segi peternakan. Sekarang masih belum maksimal karena kita lihat masih banyaknya impor ternak. Padahal peternakan kita bisa menjadi peternakan yang besar hanya saja kurang dimanfaatkan. Sekarang jika teknologi ternak sudah ada, maka yang dibutuhkan adalah modal SDA, SDM, minat entrepreneurship dan kreativitas,” kata Arief.

Dalam kesempatan ini, Rektor Unibos memberikan arahan agar dosen dan mahasiswa memanfaatkn kesempatan ini tidak hanya belajar terkait peternakan, tetapi juga menjadi bekal untuk siap menyongsong perubahan dalam era revolusi industri 4.0.

“Semua program terkait peningkatan tri dharma perguruan tinggi pastinya sangat kami perhatikan. Memang sebagai pimpinan saya memiliki visi misi dan tujuan untuk menjadikan Unibos sebagai kampus percontohan. Sekarang kami sudah mulai menangkap peluang-peluang untuk mendorong terwujudnya revolusi industri ini,” ujar Prof Saleh.

“Salah satunya dengan penerapan system akademik dosen dan mahasiswa yang segalanya telah berbasis online. Kedepan kami ingin menjadi perguruan tinggi yang lebih dulu bergerak sebelum hal tersebut terpikirkan oleh pt lainnya,” ungkap Prof Saleh Pallu.(*/rls)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE