Hujan di Musim Kemarau, Ini Penjelasan BMKG | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Hujan di Musim Kemarau, Ini Penjelasan BMKG

BMKG Wilayah IV Makassar. - (ria)

CELEBESonline.com, Makassar – Meski masih musim kemarau, wilayah Makassar dan sekitarnya diguyur hujan deras dengan intensitas ringan hingga sedang pada Senin kemarin (15/10/18).

Menurut Kepala Bidang Sub Pelayanan Jasa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar, Siswanto, fenomena ini terjadi karena dampak dari perubahan iklim yang menimpa daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) khususnya dibagian barat.

“Memang kemarin terjadi hujan di wilayah Sulsel khususnya Pinrang, sebagian wilayah Pangkep, Barru, Maros dan Makassar, namun boleh dikatakan curah hujan tersebut adalah awal ketika kita akan memasuki periode musim penghujan,” ujarnya.

“Jadi boleh dikatakan, masyarakat secara umum ini mengatakan adalah fase transisi peralihan musim ketika musim kemarau memasuki musim penghujan,” tambahnya.

Saat ini wilayah barat Sulsel dalam kondisi musim kemarau akan tetapi memang hujan masih ada potensi terus terjadi, hal ini disebabkan adanya konvektif yang cukup kuat di wilayah timur Sulsel. Sehingga wilayah barat Sulsel pun pasti masih mendapat distribusi hujan.

Siswanto memperkirakan dibulan Oktober ini masih dalam masa musim kemarau meskipun telah ada transisi ke musim pancaroba dan fenomena yang terjadi kemarin belum bisa dikategorikan sebagai musim penghujan karena ada klasifikasi tensendiri untuk dikategorikan sebagai musim penghujan.

Musim penghujan sendiri akan berlangsung pada awal bulan November dengan intensitas curah hujan yang masih rendah hingga sedang.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE