Anda Mahasiswa Semester Akhir FDK UINAM? Catat Aturan Bebas Pustaka Ini | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Anda Mahasiswa Semester Akhir FDK UINAM? Catat Aturan Bebas Pustaka Ini

-

CELEBESonline.com, Makassar – Bagi anda mahasiswa semester akhir di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar (UINAM), sebaiknya memperhatikan aturan bebas pustaka di perpustakaan fakultas.

 

Kepala perpustakaan FDK UINAM, Anshar Akil mengatakan aturan itu dibuat dengan tujuan untuk mempermudah calon alumni saat ingin mendapatkan lembar ijazah dan transkrip nilai dari fakultas. Anshar menyarankan, calon alumni sebaiknya memahami dan membaca aturan bebas pustaka sebelum mengajukan berkas permohonan agar segera di proses petugas perpustakaan.

 

“Selama ini, perpustakaan FDK UINAM mengutamakan pelayanan bebas pustaka dengan prinsip one day service. Setiap permohonan bebas pustaka alumni akan diselesaikan satu hari atau setengah hari dan dapat diambil pada hari yang sama atau besok harinya. Tujuan bebas pustaka adalah untuk menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki pinjaman buku atau tanggungan denda pada perpustakaan,” pungkas motivator kenamaan Makassar, Anshar Akil melalui klarifikasi yang dikirim ke redaksi CELEBESonline.com, Selasa (16/10/2018).

 

Sementara itu, bila calon alumni keberatan memenuhi persyaratan tersebut, sebaiknya mengkonsultasikan ke petugas perpustakaan untuk diberikan solusi.

 

“Jika kondisi alumni tidak memungkinkan, sumbangan buku ini dapat dikonsultasikan kepada petugas perpustakaan untuk diberikan solusi. Juga diharapkan buku-buku populer, fiksi, atau buku umum yang tidak sesuai kebutuhan jurusan/fakultas, diharapkan bisa diganti dengan buku akademik sesuai kebutuhan civitas akademika,” tambah Anshar Akil.

 

Anshar menambahkan, tujuan lainnya pemberlakuan aturan bebas pustaka di perpustakaan FDK, khususnya sumbangan buku untuk memperkaya bahan pustaka, khususnya ilmu dakwah dan komunikasi yang berkembang sangat cepat, sehingga dapat meningkatkan jumlah literatur sesuai perkembangan ilmu untuk melengkapi bahan kuliah mahasiswa, bahan ajar dosen, menunjang penulisan skripsi mahasiswa, serta kebutuhan umum termasuk alumni.

 

“Literatur perpustakaan menjadi salah satu penilaian akreditasi dan peningkatkan kualitas mahasiswa dan alumni UINAM. Sumbangan buku ini mempertimbangkan kemampuan mahasiswa,” terang Anshar.

 

Anshar Akil berharap perpustakaan FDK UINAM dapat menjadi salah satu pusat keunggulan (center of excellence) FDK bermartabat menuju terwujudnya UINAM sebagai kampus berperadaban dengan memenuhi kebutuhan bahan pustaka yang lengkap dan terbaru.

 

Adapun beberapa poin persyaratan bebas pustaka di perpustakaan FDK UINAM yakni :

 

1. Untuk mendapatkan bebas pustaka dibutuhkan persyaratan yaitu: Skripsi yang telah disahkan dan dijilid, CD yang berisi file skripsi, sumbangan 1 buku, dan 1 Alquran. Persyaratan ini sudah berlaku selama ini dan sudah menjadi budaya akademik perpustakaan.

 

2. Sumbangan buku yang diharapkan adalah: isinya sesuai dengan jurusan, edisi terbaru sesuai perkembangan ilmu, ketebalan buku (jumlah halaman) tidak ada ketentuan khusus namun diharapkan seperti buku literatur pada umumnya (sekitar 150 h – 200 h) sesuai kemampuan alumni.

 

3. Jika kondisi alumni tidak memungkinkan, sumbangan buku ini dapat dikonsultasikan kepada petugas perpustakaan untuk diberikan solusi. Juga diharapkan buku-buku populer, fiksi, atau buku umum yang tidak sesuai kebutuhan jurusan/fakultas, diharapkan bisa diganti dengan buku akademik sesuai kebutuhan civitas akademika lingkungan FDK UINAM.

 

4. Untuk memberi kemudahan dan kecepatan layanan, setiap alumni yang mengajukan surat permohonan bebas pustaka langsung diproses oleh pegawai perpustakaan FDK UIN dan akan diselesaikan pada hari itu juga (1 hari). Surat bebas pustaka tersebut akan diberikan kepada yang bersangkutan setelah persyaratannya dilengkapi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE