Jumlah Kasus Kebakaran 2018 Meningkat, Ada 8 Korban Jiwa | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Jumlah Kasus Kebakaran 2018 Meningkat, Ada 8 Korban Jiwa

Kebakaran di Jalan Arif Hakim, Makassar, Agustus 2018 lalu - Akbar

CELEBESonline.com, Makassar – Dinas Kebakaran (Damkar) Makassar mencatat ada 165 kasus kebakaran di Kota Makassar sepanjang tahun 2018 dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 15 Miliar.

“Untuk 2018 mencapai 165 kasus termasuk kejadian kebakaran di bulan Agustus yang menambah catatan kasus kebakaran paling banyak di Makassar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Operasional Dinas Damkar Kota Makassar, M. Hasanuddin.

Sejak Januari hingga Oktober 2018, jumlah korban meninggal kasus kebakaran sebanyak 8 orang dan yang luka-luka sebanyak 7 orang.

Berdasarkan data, musibah kebakaran yang terjadi sebanyak 165 kali di sejumlah titik ini, merupakan kasus terbanyak dibanding tahun sebelumnya dan yang menjadi obyek kebakaran dominan adalah rumah tinggal.

“Data yang dihimpun untuk kasus kebakaraan terakhir di jalan Kerung-kerung mencapai 8 rumah habis terbakar dengan 6 Kepala Keluarga. Tidak ada korban jiwa,” tambah Hasanuddin.

Dirinya menyarankan masyarakat agar terus waspada melihat kondisi musim kemarau dengan cuaca sangat panas berpotensi terjadinya kebakaran. Untuk itu warga harus terus waspada sedini mungkin seperti jangan meninggalkan kompor saat menyala dan jauhkan korek dari anak-anak serta lainnya.

Penyebab lain juga bisa ditimbulkan karena sambungan listrik asal-asalan hingga terjadinya korsleting, membakar sampah bukan pada tempatnya, penggunaan obat nyamuk bakar disimpan sembarangan serta pemeriksaan rutin instalasi listrik.

“Kebakaran sering terjadi karena `Human Error` atau kelalaian masyarakat, kami selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui media, masjid dan tim di kecamatan agar warga bisa terus waspada apalagi ini di musim kemarau dan sangat rawan,” ucapnya menyarankan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE