Dua Fakultas di UMI Kolaborasi Ciptakan Aplikasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Dua Fakultas di UMI Kolaborasi Ciptakan Aplikasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

Aplikasi KIA. - (handover)

CELEBESonline.com, Pangkep – Dua fakultas di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yakni Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Kesehatan Masyarakat berkolabolasi menciptakan aplikasi Teknologi Informasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Berbasis Android.

Penerapan ini sendiri dirangkaikan dengan sosialisasi dan workshop di puskesmas Ma’rang Kabupaten Pangkep, Rabu, 24 Oktober 2018.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan workshop PKM terlaksana dengan bantuan pendanaan dari  Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sesuai dengan Kontrak Pengabdian Nomor 094/SP2H/PPM/DRPM/II/2018.

Dalam kegiatan ini, Ketua Tim Dosen Pengabdi St. Hajrah Mansyur,S.Kom.,M.Cs. menyampaikan target pelaksanaaan program kemitraan masyarakat terkait penerapan TI ini yaitu pemberian informasi kesehatan ke masyarakat secara real time.

Adapun konten dari aplikasi KIA meliputi sistem kesiagaan dan program pelayanan kesehatan ibu dan anak yang berada pada puskesmas di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Selain itu, aplikasi KIA ini juga membantu pihak puskesmas dalam pendataan ibu hamil yang melakukan kunjungan di puskesmas, dan pengisian catatan kesehatan ibu hamil yang  dilakukan oleh tenaga kesehatan professional. (RLS)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE